Penerapan Model Student Team Achievement Division (Stad) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Energi Pada Siswa Kelas V Sd 3 Bulung Cangkring

Abdila Wiranata, Reno (2015) Penerapan Model Student Team Achievement Division (Stad) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Energi Pada Siswa Kelas V Sd 3 Bulung Cangkring. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (584kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (412kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (301kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (154kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (110kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Yakni: 1. Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Materi Energi Pada Siswa Kelas V SD 3 Bulungcangkring Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). 2. Mendiskripsikan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran IPA Materi Energi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian Ini Memiliki Dua Variabel Yaitu Hasil Belajar Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Hasil Belajar Adalah Peningkatan Keberhasilan Siswa Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran Yang Diterapkan Guru. Sedangkan Pendekatan Kooperatif Berbasis Student Team Achievement Division Memiliki Langkah-Langkah Mengajar, Belajar Tim, Tes, Skor Kemajuan Individual, Dan Merekognisi Prestasi Tim. Subjek Penelitian Ini Siswa Kelas V SD 3 Bulung Cangkring Dengan Hasil Belajar Rendah Yang Berjumlah 21 Siswa Terdiri 7 Siswa Laki-Laki Dan 14 Siswa Perempuan. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilaksanakan Dalam Dua Siklus. Setiap Siklus Melalui Empat Tahapan Yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Teknik Pengumpulan Data Yang Dilakukan Adalah Wawancara, Tes, Observasi, Dan Dokumentasi. Data Yang Diperoleh Meliputi Data Hasil Belajar, Aktivitas Peserta Didik, Serta Keterampilan Mengajar Guru. Data Penelitian Dianalisis Dengan Teknik Analisis Data Secara Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Penerapan Model Student Team Achievement Division Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Hubungan Gaya, Gerak Dan Energi. Pada Peserta Didik Kelas IV SD 2 Colo. Hasil Belajar Peserta Didik Pada Siklus I Memiliki Rata-Rata Nilai Tes Klasikal 75 Dengan Persentase Ketuntasan 62%. Pada Siklus II Rata-Rata Nilai Tes Klasikal Meningkat Menjadi 85 Dengan Persentase Ketuntasan 90%. Keterampilan Guru Dalam Mengajar Pada Siklus I Mencapai Persentase Keseluruhan 64% Dengan Kategori Cukup. Pada Siklus II, Keterampilan Guru Dalam Mengajar Meningkat Menjadi 79%. Simpulan Pada Penelitian Ini Adalah Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Dapat Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD 3 Bulungcangkring Pada Materi Iphubungan Gaya, Gerak, Dan Energi. Penelitian Ini Diharapkan Agar Guru Atau Pun Pihak Lain Yang Memiliki Permasalahan Pada Hasil Belajar Dapat Mengimplementasikan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model The Student Team Achievement Division (Stad): Hasil Learn Ipa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 03:41
Last Modified: 23 Jun 2016 03:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5263

Actions (login required)

View Item View Item