Peningkatan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Iv Materi Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Di Sdn Tritis Jepara Tahun Pelajaran 2014/ 2015

Azmi Eva Ariyanti, Ulul (2015) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Iv Materi Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Di Sdn Tritis Jepara Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (618Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (279Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (502Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (668Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1419Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (288Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (200Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                Download (3461Kb) | Request a copy
                  [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                  Download (206Kb)

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Globalisasi, Mendeskripsikan Aktivitas Siswa Kelas IV SDN Tritis Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 Pada Pembelajaran Pkn Materi Gloalisasi Melalui Penerapan Model Pembelajaranthink Talk Write, Dan Mendeskripsikan Keterampilan Guru Pada Pembelajaran Pkn Materi Globalisasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaranthink Talk Write. Hasil Belajar Adalah Perubahan Yang Terjadi Pada Diri Siswa Dari Hasil Kegiatan Belajar Yang Telah Dilakukan. Pkn Merupakan Mata Pelajaran Yang Memfokuskan Pada Pembentukan Diri Yang Beragam Dari Segi Agama Sosial, Kultur, Bahasa, Usia Dan Suku Bangsa Untuk Menjadi Warga Negara Indonesia Yang Cerdas, Terampil, Dan Berkarakter Yang Dirumuskan. Kajian Materinya Adalah Globalisasi Yaitu Suatu Perubahan Sosial Dalam Bentuk Semakin Bertambahnya Keterkaitan Antara Masyarakat Dengan Faktor-Faktor Yang Terjadi Akibat Transkulturasi Dan Perkembangan Teknologi Modern. Think Talk Write Adalah Model Pembelajaran Yang Menekankan Pada Tiga Tahapan Penting Yaitu Berpikir (Think), Berbicara (Talk) Dan Menulis (Write). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Terdiri Dari 2 Siklus, Masing-Masing Tiap Siklus Adalah 2 Pertemuan. Setiap Siklus Terdiri Dari 4 Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Guru Dan 24 Siswa Kelas IV SDN Tritis Jepara. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Ialah Observasi, Wawancara, Dokumentasi Dan Tes. Tes Diuji Validitasnya Dengan Rumus Korelasi Product Moment, Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Rumus KR-20. Sedangkan Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Kuantitatif Dengan Analisis Statistik Deskriptif Dan Kualitatif Dengan Analisis Deskriptif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Pkn Siswa Pada Materi Globalisasi Yang Signifikan Yaitu Pada Ranah Kognitif Siklus I (58,33,67%) Siklus II Menjadi (83,33%), Ranah Afektif Siklus I (70,02%) Menjadi (79,58%) Pada Siklus II, Ranah Psikomotorik Siklus I (72,99%) Menjadi (85,78%) Pada Siklus II. Peningkatan Tersebut Didukung Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembeajaran Siklus I (71,8%), Siklus II (86%) Serta Aktivitas Siswa Siklus I (74,01%) Menjadi Model Pembelajaran Think Talk Write Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Globalisasi Kelas IV SDN Tritis Jepara Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SDN Tritis Jepara Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Globalisasi Kelas IV SDN Tritis Jepara. Peneliti Menyarankan Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Adalah Dengan Membangkitkan Aktivitas Siswa Dengan Baik Agar Dapat Meningkatkan Hasil Belajar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Wawan Shokib Rondli, S.Pd.,M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Hasil Belajar, Globalisasi
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 11:00
                    Last Modified: 23 Jun 2016 11:00
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5266

                    Actions (login required)

                    View Item