Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sd 2 Gondangmanis Kudus

Noor Diani Eka Pertiwi, Dina (2015) Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sd 2 Gondangmanis Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (500kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (159kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Permasalahan Yang Terjadi Di SD 2 Gondangmanis Adalah Rendahnya Hasil Belajar Pkn Dikarenakan Kurangnya Minat Belajar Siswa Dan Banyaknya Materi Serta Guru Kurang Inovatif. Tujuan Penelitian Ini Adalah Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Dengan Menerapkan Metode Talking Stick Berbantu Media Gambar. Talking Stick Merupakan Metode Pembelajaran Kelompok Dengan Bantuan Tongkat. Hasil Belajar Pkn Merupakan Prestasi Belajar Yang Dicapai Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Dengan Membawa Perubahan Dan Pembentukan Tingkah Laku Seseorang Baik Dari Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik. Penelitian Tindakan Kelas Ini Dilaksanakan Dalam 2 Siklus Dengan 2 Kali Pertemuan Tiap Siklusnya. Terdiri Atas Tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Subjek Penelitian Adalah Siswa Kelas IV SD 2 Gondangmanis Bae Kudus Yang Terdiri Dari 16 Siswa. Metode Pengumpulan Data Berupa Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yakni Teknik Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan (1) Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di Siklus I Memperoleh Skor 100 Dengan Presentase 69,44% Dengan Kriteria Baik, Skor Siklus II Meningkat Menjadi 130 Dengan Presentase 90,27% Dengan Kriteria Sangat Baik, (2) Aktivitas Belajar Siswa Pada Siklus I Diperoleh Skor 866 Dengan Presentase 67,65% Dengan Kriteria Cukup, Skor Siklus II Meningkat Menjadi 977 Dengan Presentase 76,33% Dengan Kriteria Baik, (3) Hasil Belajar Kognitif Prasiklus Memperoleh Rata-Rata 69,22 Dengan Ketuntasan Klasikal 56,25% Mengalami Peningkatan Pada Siklus I Sebesar 68,75% Dan Menigkat Pada Siklus II Menjadi 87,5%. Rata-Rata Hasil Belajar Afektif Siswa Pada Siklus I Sebesar 67,19% Dengan Kualifikasi Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 76,82%. Rata-Rata Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Pada Siklus I Sebesar 68,36% Dengan Kualifikasi Baik Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 75,59%. Simpulan Pada Penelitian Ini Ialah Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SD 2 Gondangmanis. Peneliti Memberikan Saran Kepada (1) Siswa, Agar Lebih Aktif Dalam Pembelajaran, Belajar Dan Bekerja Sama Dengan Siswa Lain Guna Memperkaya Ilmu Pengetahuan Dan Memperoleh Hasil Belajar Yang Lebih Baik (2) Guru, Agar Menerapkan Metode Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Gambar Sebagai Inovasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Mempertimbangkan Waktu Yang Tersedia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Talking Stick, Learning Outcomes.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Jun 2016 04:13
Last Modified: 23 Jun 2016 04:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5268

Actions (login required)

View Item View Item