Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Kelas Iv Sd 1 Kandangmas

Indah Lestari, Dwi (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Kelas Iv Sd 1 Kandangmas. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (218kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (587kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (491kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (278kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (205kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Dilatarbelakangi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Kandangmas Pada Pembelajaran IPS. Rendahnya Hasil Belajar Disebabkan Karena Pembelajaran Yang Dilakukan Masih Menggunakan Metode Ceramah. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Dan Untuk Mengetahui Keterampilan Guru Pada Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together. Model Pembelajaran Numbered Heads Together Adalah Model Pembelajaran Yang Menekankan Pada Empat Tahapan Yaitu Penomoran, Mengajukan Pertanyaan, Berfikir Bersama Dan Menjawab. Sedangkan Hasil Belajar IPS Adalah Hasil Atau Penilaian Yang Diterima Oleh Siswa Dari Proses Pembelajaran IPS Yang Telah Berlangsung Dan Diterima Pada Saat Proses Pembelajaran Selesai Dengan Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Bagi Siswa Kelas IV SD 1 Kandangmas. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Kandangmas Dengan Subjek Penelitian Guru Dan 15 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Teknik Pengumpulan Data Berupa Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Tes. Tes Diuji Validitasnya Dengan Rumus Korelasi Product Moment, Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Rumus KR-20. Sedangkan Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar Ranah Kognitif Siklus 1 Memperoleh Ketuntasan Klasikal 73% Dan Siklus 2 Sebesar 87%, Nilai Persentase Klasikal Hasil Belajar Ranah Afektif Siklus 1 Sebesar 67% Dan Siklus 2 Sebesar 75%, Nilai Persentase Klasikal Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siklus 1 Sebesar 66% Dan Siklus 2 Sebesar 80%, Nilai Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Memperoleh Persentase 70% Dengan Kualifikasi Baik Dan Siklus 2 Memperoleh Persentase 83% Dengan Kualifikasi Baik. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 1 Kandangmas. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Di Kelas IV SD 1 Kandangmas Dapat Disimpulkan Bahwa Pelaksanaan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Empat Di SD 1 Kandangmas. Sehingga, Peneliti Menyarankan Dalam Menerapkan Model Numbered Heads Together, Siswa Harus Lebih Aktif Dan Memperhatikan Selama Proses Belajar Mengajar Di Kelas. Untuk Guru, Guru Harus Menggunakan Model Pembelajaran Inovatif Yang Sesuai Dengan Karakteristik Siswa Dan Dapat Mendorong Siswa Untuk Belajar Keras. Untuk Sekolah, Harus Memberikan Saran Dan Dukungan Untuk Tachers Menerapkan Pembelajaran Inovatif Dan Menempatkan Siswa Sebagai Subjek Dalam Proses Pembelajaran. Untuk Peneliti Selanjutnya Diharapkan Dapat Lebih Mengetahui Tentang Langkah-Langkah Dalam Menerapkan Model Numbered Heads Together. Jadi, Proses Belajar Dapat Berjalan Dengan Baik.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 05:18
Last Modified: 23 Jun 2016 05:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5276

Actions (login required)

View Item View Item