Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Kelas Iv Sd 1 Kandangmas

Indah Lestari, Dwi (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Kelas Iv Sd 1 Kandangmas. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1070Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (213Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (573Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (479Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1868Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (284Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (272Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (200Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (9Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Dilatarbelakangi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 1 Kandangmas Pada Pembelajaran IPS. Rendahnya Hasil Belajar Disebabkan Karena Pembelajaran Yang Dilakukan Masih Menggunakan Metode Ceramah. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Dan Untuk Mengetahui Keterampilan Guru Pada Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Teknologi Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together. Model Pembelajaran Numbered Heads Together Adalah Model Pembelajaran Yang Menekankan Pada Empat Tahapan Yaitu Penomoran, Mengajukan Pertanyaan, Berfikir Bersama Dan Menjawab. Sedangkan Hasil Belajar IPS Adalah Hasil Atau Penilaian Yang Diterima Oleh Siswa Dari Proses Pembelajaran IPS Yang Telah Berlangsung Dan Diterima Pada Saat Proses Pembelajaran Selesai Dengan Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Bagi Siswa Kelas IV SD 1 Kandangmas. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SD 1 Kandangmas Dengan Subjek Penelitian Guru Dan 15 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Teknik Pengumpulan Data Berupa Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Tes. Tes Diuji Validitasnya Dengan Rumus Korelasi Product Moment, Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Rumus KR-20. Sedangkan Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Kuantitatif Dan Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar Ranah Kognitif Siklus 1 Memperoleh Ketuntasan Klasikal 73% Dan Siklus 2 Sebesar 87%, Nilai Persentase Klasikal Hasil Belajar Ranah Afektif Siklus 1 Sebesar 67% Dan Siklus 2 Sebesar 75%, Nilai Persentase Klasikal Hasil Belajar Ranah Psikomotorik Siklus 1 Sebesar 66% Dan Siklus 2 Sebesar 80%, Nilai Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Pada Siklus I Memperoleh Persentase 70% Dengan Kualifikasi Baik Dan Siklus 2 Memperoleh Persentase 83% Dengan Kualifikasi Baik. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD 1 Kandangmas. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Di Kelas IV SD 1 Kandangmas Dapat Disimpulkan Bahwa Pelaksanaan Model Numbered Heads Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Empat Di SD 1 Kandangmas. Sehingga, Peneliti Menyarankan Dalam Menerapkan Model Numbered Heads Together, Siswa Harus Lebih Aktif Dan Memperhatikan Selama Proses Belajar Mengajar Di Kelas. Untuk Guru, Guru Harus Menggunakan Model Pembelajaran Inovatif Yang Sesuai Dengan Karakteristik Siswa Dan Dapat Mendorong Siswa Untuk Belajar Keras. Untuk Sekolah, Harus Memberikan Saran Dan Dukungan Untuk Tachers Menerapkan Pembelajaran Inovatif Dan Menempatkan Siswa Sebagai Subjek Dalam Proses Pembelajaran. Untuk Peneliti Selanjutnya Diharapkan Dapat Lebih Mengetahui Tentang Langkah-Langkah Dalam Menerapkan Model Numbered Heads Together. Jadi, Proses Belajar Dapat Berjalan Dengan Baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, M.M
                    Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 12:18
                    Last Modified: 23 Jun 2016 12:18
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5276

                    Actions (login required)

                    View Item