Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 2 Tunggul Jepara

Moh. Sulistiyono, Andi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 2 Tunggul Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (440Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (237Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (253Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (408Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2408Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (364Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (107Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (110Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Diterapkannya Model NHT Mata Pelajaran IPS. Model NHT Merupakan Model Yang Dirancang Untuk Mempengaruhi Pola Interaksi Siswa Dan Memiliki Tujuan Untuk Meningkatkan Penguasaan Akademik. Media Gambar Seri Merupakan Gambar Tiruan Dari Benda, Kegiatan Ataupun Orang Yang Tersusun Secara Berurutan Yang Mampu Menggambarkan Suatu Aktivitas Atau Peristiwa Tertentu. Hasil Belajar Adalah Terjadinya Perubahan Peningkatan Kemampuan Siswa Berupa Ranah Kognitif, Afektif, Sosial Dan Psikomotorik. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Adalah Dengan Menerapkan Model NHT Berbantuan Media Gambar Seri Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Serta Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Penelitian Tindakan Kelas Ini Terdiri Dua Siklus, Setiap Siklus Memiliki 4 Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi. Lokasi Penelitian Di SDN2Tunggul Jepara, Subjek Penelitian 28 Siswa Kelas IV. Variabel Bebas Adalah Model NHT, Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS. Instrumen Penelitian Ini Adalah Pedoman Wawancara, Pedoman Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Analisis Data Menggunakan Data Kuantitatif Dan Analisis Data Kualitatif. Hasil Penelitian Pada Siklus I Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Ketuntasan Klasikal 67,85% (Tinggi) Dengan Nilai Rata-Rata Kelas Sebesar 70,35 Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 89,28% (Sangat Tinggi) Dengan Nilai Rata-Rata Sebesar 77,14. Hasil Belajar Klasikal Ranah Afektif Pada Siklus I Sebesar 2,45 (Cukup Baik), Meningkat Pada Siklus II Sebesar 2,89 (Baik). Hasil Belajar Klasikal Ranah Psikomotorik Siswa Pada Siklus I Sebesar 2,44 (Cukup Baik) Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Sebesar 2,97 (Baik). Hasil Observasi Keterampilan Guru Siklus I Sebesar 2,46 (Baik) Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 3,06 (Sangat Baik). Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model NHT Berbantuan Media Gambar Seri Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Serta Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN2Tunggul Jepara. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Sebaiknya Guru Dapat Menggunakan Model NHT Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Sri Utaminingsih, M. Pd
                    Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Social Studies, Numbered Heads Together (Nht), Media Image Series
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 23 Jun 2016 12:32
                    Last Modified: 23 Jun 2016 12:32
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5278

                    Actions (login required)

                    View Item