Moh. Sulistiyono, Andi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantuan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 2 Tunggul Jepara. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (450kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II_.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III_.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV_.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (113kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Diterapkannya Model NHT Mata Pelajaran IPS. Model NHT Merupakan Model Yang Dirancang Untuk Mempengaruhi Pola Interaksi Siswa Dan Memiliki Tujuan Untuk Meningkatkan Penguasaan Akademik. Media Gambar Seri Merupakan Gambar Tiruan Dari Benda, Kegiatan Ataupun Orang Yang Tersusun Secara Berurutan Yang Mampu Menggambarkan Suatu Aktivitas Atau Peristiwa Tertentu. Hasil Belajar Adalah Terjadinya Perubahan Peningkatan Kemampuan Siswa Berupa Ranah Kognitif, Afektif, Sosial Dan Psikomotorik. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Adalah Dengan Menerapkan Model NHT Berbantuan Media Gambar Seri Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Serta Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Penelitian Tindakan Kelas Ini Terdiri Dua Siklus, Setiap Siklus Memiliki 4 Tahapan Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi. Lokasi Penelitian Di SDN2Tunggul Jepara, Subjek Penelitian 28 Siswa Kelas IV. Variabel Bebas Adalah Model NHT, Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS. Instrumen Penelitian Ini Adalah Pedoman Wawancara, Pedoman Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Analisis Data Menggunakan Data Kuantitatif Dan Analisis Data Kualitatif. Hasil Penelitian Pada Siklus I Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Ketuntasan Klasikal 67,85% (Tinggi) Dengan Nilai Rata-Rata Kelas Sebesar 70,35 Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 89,28% (Sangat Tinggi) Dengan Nilai Rata-Rata Sebesar 77,14. Hasil Belajar Klasikal Ranah Afektif Pada Siklus I Sebesar 2,45 (Cukup Baik), Meningkat Pada Siklus II Sebesar 2,89 (Baik). Hasil Belajar Klasikal Ranah Psikomotorik Siswa Pada Siklus I Sebesar 2,44 (Cukup Baik) Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Sebesar 2,97 (Baik). Hasil Observasi Keterampilan Guru Siklus I Sebesar 2,46 (Baik) Dan Meningkat Pada Siklus II Sebesar 3,06 (Sangat Baik). Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model NHT Berbantuan Media Gambar Seri Dapat Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Serta Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN2Tunggul Jepara. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Sebaiknya Guru Dapat Menggunakan Model NHT Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Drs. Sri Utaminingsih, M. Pd |
Kata Kunci: | Learning Outcomes, Social Studies, Numbered Heads Together (Nht), Media Image Series |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 05:32 |
Last Modified: | 23 Jun 2016 05:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5278 |
Actions (login required)
View Item |