Martha Sari, Annisa (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd 7 Bulungkulon. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (566kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (108kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini Adalah (1) Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V, (2) Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V, (3) Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V. Penerapan Problem Based Learning Yang Dimaksudkan Dalam Penelitian Ini Adalah Model Pembelajaran Yang Menitikberatkan Pada Pemahaman Terhadap Masalah Yang Dihadapi. Model Ini Mengharuskan Siswa Untuk Berpikir Kritis Secara Mandiri Dalam Mengidentifikasi Masalah Dan Merumuskan Pemecahan Masalah. Kemampuan Pemecahan Masalah Dimaksudkan Dalam Penelitian Ini Adalah Kemampuan Yang Menunjukkan Pada Proses Berpikir Yang Terarah Untuk Menghasilkan Ide, Atau Mengembangkan Kemungkinan Menyelesaikan Masalah-Masalah Yang Dihadapinya Agar Tercapai Tujuan Yang Diinginkan. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas V SD 7 Bulungkulon Dengan Subjek Penelitian 25 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Problem Based Learning. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Tes, Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Instrumen Yang Digunakan Meliputi Soal Tes, Lembar Observasi, Lembar Wawancara Dan Panduan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif Hasil Penelitian Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Siklus I (69,39) Meningkat Siklus II (78,72), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Siklus I 2,39 (Cukup Baik) Menjadi 2,98 (Baik) Siklus II. Keterampilan Mengajar Guru Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 73,75% (Baik) Menjadi 85% (Sangat Baik) Siklus II. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V SD 7 Bulungkulon Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Problem Based Learning, Guru Harus Memberi Pertanyaan-Pertanyaan Yang Mengarah Pada Pemecahan Masalah Agar Siswa Dapat Mengembangkan Daya Berpikirnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Mathematics Problem Solving Ability, Geometry |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 02:15 |
Last Modified: | 24 Jun 2016 02:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5300 |
Actions (login required)
View Item |