Pengaruh Layanan Informasi Bidang Sosial Terhadap Perilaku Bermoral Siswa Kelas VII SMP 4 Bae Kudus Tahun. Pelajaran 2011/2012

Ni’mah, Laila (2012) Pengaruh Layanan Informasi Bidang Sosial Terhadap Perilaku Bermoral Siswa Kelas VII SMP 4 Bae Kudus Tahun. Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
PDF (Hal Judul)
COVER_1.pdf - Accepted Version

Download (604kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III_(Repaired).pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan informasi dari konselor, bahwa perilaku bermoral siswa SMP 4 Bae Kudus Tahun pelajaran 2011/2012 masih ada yang kurang baik diantaranya: ada perilaku siswa yang tidak mendengarkan nasehat guru, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, perilaku siswa yang kurang sopan dalam berbicara dengan temannya yaitu memanggil temannya dengan sebutan yang kurang pantas, mengganggu teman yang sedang belajar dan lain- lain. Oleh karena itu, Layanan infomasi bidang sosial sangat diperlukan untuk dapat membantu siswa yang memiliki perilaku bermoral kurang baik Berdasarkan pada latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan, “Adakah ada pengaruh yang positif dan signifikan Layanan informasi bidang sosial terhadap perilaku bermoral siswa kelas VII F SMP 4 Bae Kudus tahun pelajaran 2011/2012”. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1). Mendeskripsikan perilaku bermoral sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi bidang sosial siswa kelas VII F SMP 4 Bae Kudus Tahun 2011/2012. 2). Untuk menemukan seberapa besar pengaruh layanan Informasi bidang sosial terhadap perilaku bermoral siswa kelas VII F SMP 4 Bae Kudus Tahun 2011/2012. Kegunaan penelitian ini secara teoristis, hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang telah ada, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan disekolah khususnya layanan informasi bidang sosial dalam mempengaruhi perilaku bermoral siswa disekolah. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara praktis sebagai berikut: 1). Dapat digunakan oleh kepala sekolah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan mengenai program layanan bimbingan dan konseling untuk pengembangan hubungan sosial di SMP 4 Bae Kudus melalui layanan informasi bidang sosial terhadap perilaku bermoral siswa 2). Dapat digunakan oleh konselor dan guru mata pelajaran sebagai wahana untuk membentuk perilaku bermoral siswa melalui layanan informasi bidang sosial. Penelitian ini subjek penelitiannya berjumlah 18 siswa bermoral kurang baik dari 35 siswa kelas VII F SMP 4 Bae. Variabel penelitian Layanan Informasi Bidang Sosial (variabel X) dan Perilaku Bermoral (variabel Y). Dalam penelitian ini data penelitian diperoleh dari hasil metode angket, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis prosentase dan uji t atau t-test. Hasil analisis data penelitian Perilaku Bermoral Siswa Kelas VII F SMP 4 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012, sebelum mendapatkan layanan informasi bidang sosial, perilaku bermoral siswa dari N=18, dengan kategori cukup baik yaitu sebesar 58%. maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan layanan informasi bidang sosial terhadap perilaku bermoral siswa kelas VII F SMP 4 Bae Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Hasil analisis data penelitian Perilaku Bermoral Siswa Kelas VII F SMP 4 Bae Kudus Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012 sesudah diberikan layanan informasi bidang sosial diperoleh skor diperoleh kategori dan setelah mendapatkan layanan informasi bidang sosial, perilaku bermoral siswa meningkat menjadi 83% ini berarti menunjukkan adanya peningkatan sebesar 25% Dari hasil analisis data dengan menggunakan t-tes N=18 menunjukkan thitung= 21,58 dikonsultasikan dengan taraf signifikan ttabel 5%= 0,546. t hitung >ttabel= 21,58>0,546. Dengan demikian hipotesis yang diajukan berbunyi “pengaruh layanan informasi bidang sosial terhadap perilaku bermoral siswa SMP 4 Bae Kudus tahun pelajaran 2011/2012” dapat diterima karena teruji kebenarannya. Berdasarkan pembahasan dan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari penerapan Layanan informasi bidang sosial terhadap perilaku bermoral siswa kelas VII F SMP 4 Bae Kudus Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti dapat memberikan saran: 1. Bagi Kepala Sekolah SMP 4 Bae Kudus Hendaknya mendukung dan meningkatkan program layanan-layanan bimbingan dan konseling, karena dengan layanan tersebut dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peningkatan perilaku bermoral di sekolah. 2. Bagi guru pembimbing Hendaknya lebih meningkatkan pelaksanaan program-program layanan BK, khususnya layanan informasi bidang sosial. Karena berdasarkan hasil penelitian layanan informasi bidang sosial dapat meningkatkan perilaku bermoral siswa, sehingga siswa mampu meningkatkan perilaku bermoral baik di sekolah. 3. Bagi siswa Agar siswa mampu menguasai dan memahami informasi-informasi yang disampaikan oleh peneliti dan menerapkannya dalam keseharian dengan sungguh-sungguh tanpa adanya paksaan dari orang lain. 4.Bagi orang tua Agar senantiasa meningkatkan bimbingan kepada anak, pemberian perhatian kepada anak dan dapat memberikan nasehat kepada anaknya agar dapat meningkatkan perilaku bermoral baik di sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: (i) Dra. Hj. Sutarti, SE, MM (ii) Drs. Zaenal Hasan.
Kata Kunci: Layanan Informasi Bidang sosial; Perilaku Bermoral.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2012 04:19
Last Modified: 03 Dec 2012 04:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item