Studi Kasus Penerapan Konseling Agama Terhadap Resistensi Siswa Kepada Guru Dengan Pendekatan BH, RET, dan CC di Kelas VIII C MTs.Kedungombo Buaran mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

Ma’ali, Izzul (2012) Studi Kasus Penerapan Konseling Agama Terhadap Resistensi Siswa Kepada Guru Dengan Pendekatan BH, RET, dan CC di Kelas VIII C MTs.Kedungombo Buaran mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal Judul) - Accepted Version
Download (223kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (94kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (122kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (147kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (117kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy

Abstrak

Prestasi belajar siswa kelas VIII C MTs. Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 ada kecenderungan di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah. Rendahnya prestasi belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adanya sikap resisten siswa kepada guru, salah satu bentuk bantuan guru pembimbing kepada konseli adalah mengubah perilaku resistensi siswa kepada guru menjadi perilaku yang baik dan mempunyai sopan santun atau berahlaq mulia. Di antara teknik bimbingan dan konseling untuk mengubah perilaku siswa tersebut yaitu dengan memberikan layanan konseling individu dengan pendekatan konseling Agama. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah: Apakah penerapan konseling agama dengan pendekatan BH, RET, dan CC dapat mengatasi resistensi siswa kepada guru di kelas VIII C MTs. Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012?. Dan tujuan dari penelitian ini adalah : 1.Untuk mendiskripsikan penyebab terjadinya sikap resistensi siswa kepada guru di kelas VIII C MTs. Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Untuk mendiskripsikan akibat yang ditimbulkan dari sikap resistensi siswa kepada guru di kelas VIII C. MTs. Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. 3. Teratasinya sikap resistensi siswa kepada guru di kelas VIII C. MTs. Kedungombo Buaran Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan penerapan konseling Agama. Sedangkan kegunaan dalam penelitian ini adalah: 1. Membangun hubungan yang harmonis antara siswa dan guru. 2. Membantu siswa membangun kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai norma agama. 3. Membantu siswa untuk berfikir secara rasional dalam menyelesaikan masalah. Sesuai dengan judul penelitian, maka ruang lingkup penelitian adalah stadi kasus penerapan konseling agama terhadap resistensi siswa kepada guru dengan pendekatan BH, RET dan CC di kelas VIII C MTs. Kedungombo Buaran Mayong Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian studi kasus. Pendekatan penelitian dilakukan dengan cara kualitatif deskriftif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian adalah: 3 konseli (AM, MD,dan IMW) kelas VIII.C MTs. Kedungombo Buaran Mayong Tahun Pelajaran 2011/2012 yang mempunyai sikap resistensi kepada guru. Hasil pengamatan dan pembahasan penelitian dari berbagai sumbaer documentasi, dan wawancara dapat disimpulkan sebagai berikut: konseli 1 (AM) yang mempunyai sikap resistensi kepada guru disebabkan pengaruh dari lingkungan keluarga menggunakan tehnik pendekatan BH. Konseli 2 (MD) mempunyai sikap resisten kepada guru disebabkan oleh kurang perhatian keluarga atau kurang kasih sayang dan perkembangan emosi remaja pada masa adolesen pertama dengan menggunakan pendekatan konseling RET. Konseli 3 (IMW) di sebabkan oleh pengaruh lingkungan sekolah atau teman pergaulan di kelas dengan pendekatan CC. Melalui penerapan konseling agama konseli dapat menyadari dan memahami bahwa selama ini sikapnya salah yang merugikan dirinya sendiri dan merugikan orang lain. Konseli berkomitmen untuk merubah tingkah lakunya dari sikap resisten menjadi prilaku sopan, santun, ramah tamah serta menghormati guru.. Disarankan kepada:1. Kepala Sekolah yang memiliki wewenang cukup besar untuk dapat berlaku adil dan bijaksana kepada para siswa dan menindak tegas kepada siswa yang melakukan penyimpangan sesuai dengan masalahnya. Hal ini dilakukan agar kuwalitas kepribadian seluruh siswa dapat sesuai dengan nilai-nilai norma agama yang berlaku. 2. Guru pembimbing dapat meningkatkan lagi kuwalitas layanan BK terutama konseling individu. Hal tersebut perlu dilakukan karena banyak sekali masalah yang tidak bisa diatasi dengan layanan yang bersifat kelompok dan klasikal. Dengan layanan konseling individu bisa mengenal dan memahami siswa-siswi secara mendalam dan menyeluruh, dengan demikian masalah yang dialami siswa akan dapat teratasi dengan baik, serta hubungan antara siswa dan guru dapat terjalin dengan harmonis. 3. Orang tua merupakan seseorang yang memiliki peran yang sangat penting bagi siswa terutama dalam memberikan motivasi, hendaknya harus selalu memantau dan memperhatikan putra putrinya agar menjadi anak yang sopan, santun, cerdas dan selalu berperilaku baik yang sesuai dengan norma agama atau sesuai dengan lingkungan sekitar. 4. Siswa hendaknya menyadari peran dan fungsinya sebagai siswa, juga menyadari bahwa setiap siswa memiliki hak dan kewajiban yang dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku, apabila siswa bisa menyadari betul akan peran dan tugasnya sebagai seorang pelajar tentu saja perilaku-perilaku yang muncul akan sesuai dengan norma dan lingkungannya terutama lingkungan sekolah.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Dosen Pembimbing I: Dr. Sukiman, M.Pd, Dosen Pembimbing II: Drs. Arista Kiswantoro
Uncontrolled Keywords: Resistensi Siswa Kepada Guru; Konseling Agama
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 1245 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 03 Dec 2012 04:30
Last Modified: 03 Dec 2012 04:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item View Item