Penerapan Model Konseling Realita untuk Mengatasi Siswa Membolos dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IPS 3 SMA N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012.

Istika Sari, Tri (2012) Penerapan Model Konseling Realita untuk Mengatasi Siswa Membolos dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI IPS 3 SMA N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (244Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (153Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (243Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (166Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (388Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (157Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (132Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (129Kb) | Tinjau ulang

                  Abstrak

                  Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sering ditemukan kasus siswa yang meninggalkan pelajaran tertentu (membolos) khususnya pada pelajaran yang dianggap sulit. Seperti masalah membolos yang terjadi ketika mata pelajaran Bahasa Inggris berlangsung. Bantuan konselor yang tepat diberikan kepada siswa yang mengalami kasus membolos dalam mata pelajaran bahasa Inggris dengan penerapan model konseling realita. Karena pada dasarnya model layanan konseling realita merupakan bentuk layanan konseling yang berorientasi pada atmosfer pemikiran yang realistis atau sesuai dengan keadaan klien yang sebenarnya. Permasalahan penelitian: Apakah penerapan model konseling realita efektif untuk mengatasi perilaku membolos dalam mata pelajaran bahasa Inggris pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan Penelitian : 1. Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan perilaku membolos mata pelajaran bahasa Inggris pada peseta didik di kelas XI IPS 3 SMA N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Mengetahui keefektifan penerapan model konseling realita untuk mengatasi perilaku membolos dalam mata pelajaran bahasa Inggris pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Kegunaan Penelitian: 1. Kegunaan Teoritis: 1) Memberikan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling, lebih khusus wawasan ini menyangkut efektifitas model konseling realita untuk mengatasi siswa yang sering membolos mata pelajaran bahasa Inggris. 2) Menjadi bahan kajian pustaka untuk penelitian-penelitian selanjutnya. 2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi Konselor SMA N 1 Kudus menambah wawasan konselor dalam layanan konseling, khususnya dalam mengatasi perilaku siswa yang sering membolos mata pelajaran bahasa Inggris di kelas XI IPS 3 SMA N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 2) Bagi Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris memberikan masukan kepada guru mata pelajaran bahasa Inggris tentang penanganan perilaku membolos di kelas XI IPS 3 SMA N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. 3) Bagi Orang Tua Peserta Didik membantu orang tua siswa dalam membimbing dan mengarahkan putra putrinya agar tidak membolos sekolah pada jam pelajaran bahasa Inggis. 4) Bagi Siswa membantu siswa untuk mengatasi keinginan membolos pada mata pelajaran bahasa Inggris. Sehingga prestasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris bisa dicapai secara optimal. 5) Bagi Peneliti melalui penelitian ini dapat diperoleh pengalaman baru tentang cara mengatasi siswa yang suka membolos pada jam pelajaran bahasa Inggris, sehingga dapat menjadi bekal bagi peneliti sebagai tenaga pendidik nantinya. Jenis penelitian yaitu studi kasus, pendekatan peneilitaian yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian: 1. Konseli I (MR) : kurang semangat dalam mengikuti pelajaran, tidak menyukai guru mata pelajaran bahasa Inggris, kurang memahami kedisiplinan dalam pelajaran, dan pengaruh bujuk rayu/ajakan teman-temannya (pergaulan yang salah). 2. Konseli II (AN) : kurang motivasi belajar, sering mengantuk dan tidak dapat konsentrasi dalam pelajaran, kurang perhatian orang tua, dan pengaruh teman pergaulan. 3. Konseli III (WR) : malas dan kurang motivasi dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris, menganggap bahasa Inggris itu mata pelajaran yang sulit, menganggap mata pelajaran bahasa Inggris itu membosankan, kurang percaya diri dalam mengikuti pelajaran bahasa Inggris, sulit konsentrasi belajar, dan pengaruh teman pergaulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa setelah dilaksanakan praktek konseling realita terhadap klien MR (4X Konseling), AN (3X Konseling), dan WR (3X Konseling) didapatkan perubahan sikap yang positif. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model konseling realita efektif untuk mengatasi perilaku membolos mata pelajaran bahasa Inggris pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMA N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran: 1. Kepala Sekolah perlu menciptakan situsi sekolah yang dapat menimbulkan rasa nyaman bagi siswa. Sehingga perilaku membolos khususnya dalam mata pelajaran bahasa Inggris dapat diminimalisir. 2. Wali Kelas bekerja sama dengan konselor sekolah untuk membantu siswa-siswinya mengatasi permasalahan yang dihadapi seperti permasalahan siswa yang membolos pada jam pelajaran bahasa Inggris. 3. Guru Mata Pelajaran bahasa Inggris Mengajar dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa tidak bosan di kelas dan tidak membolos lagi. 4. Konselor Sekolah bisa menerapkan model konseling realita dengan menerapkan pendekatan WDEP (Wants, Doing and Direction, Evaluation and Planning) untuk mengatasi perilaku membolos siswa khususnya pada jam mata pelajaran bahasa Inggris serta pada kasus yang lain. 5. Orang Tua selalu mengkomunikasikan dengan pihak sekolah tentang perilaku dan perkembangan peserta didik. 6. Bagi siswa secara realistis memahami dampak perilaku membolos khususnya dalam pelajaran bahasa Inggris. Sehingga siswa lebih rajin mengikuti pelajaran.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Dosen Pembimbing: (i) Drs. Sucipto, M. Pd. Kons, (ii) Dra Sumarwiyah, M. Pd
                  Uncontrolled Keywords: Konseling Realita, Membolos dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris
                  Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
                  Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                  Depositing User: Users 1245 tidak ditemukan.
                  Tanggal Deposit: 03 Dec 2012 11:43
                  Last Modified: 03 Dec 2012 11:43
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/535

                  Actions (login required)

                  View Item