Course Review Horay, Keterampilan Membaca Pantun.

PEBRIANI, DIAN (2015) Course Review Horay, Keterampilan Membaca Pantun. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (761kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (183kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitianinibertujuanmengetahuipeningkatanhasilbelajarkelas IV padamatapelajaran IPS materiperkembanganteknoogiproduksi, komunikasidantransportasidanmendeskripsikanpenerapan model Example Non-Examplepadasiswa SD 7 CendonoDawe Kudus. Hasilbelajar IPS merupakanhasilataupenilaian yang diterimaolehsiswadari proses pembelajaran IPS yang telahberlangsungdanditerimapadasaat proses pembelajaranselesaidenganmateriperkembanganteknologiproduksi, komnikasidantransportasibagisiswakelas IV SD 7 Cendono. Example Non Examplemerupakan model yang menggunakan media gambardalampenyampaianmateripembelajaran yang bertujuanmendorongsiswauntukberpikirkritisdenganjalanuntukmemecahkanpermasalahan yang tergandungdalamcontoh-contohgambar, yang terdiridaritahap 1 : mempersiapkangambar, tahap 2: menempelgambar, tahap 3: menganalisisgambar, tahap 4: diskusikelompok, tahap 5: presentasi, tahap 6: penjelasanmataeri, tahap 7 kesimpulan. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 7 Cendono Kudus dengansubjekpenelitian guru dan 32 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model Example Non Example. Sedangkanvariabelterikatadalahpembelajaran yang terdiridariketerampilan guru mengajardanhasilbelajarmeliputiranahsikap, pengetahuan, danketerampilan. Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, tes, dandokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaiketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus 1 memperolehnilai 2,56 dengankualifikasibaikdansiklus 2 memperolehnilai 3,35 dengankualifikasisangatbaik, nilaihasilbelajarranahkognitifsiklus 1 memperolehketuntasanklasikal 72% dansiklus 2 sebesar 87,5%, nilaipersentaseklasikalhasilbelajarranahafektifsiklus 1 persentasesebesar 61,59 dansiklus 2 sebesar 76,95 , nilaipersentaseklasikalhasilbelajarranahpsikomotoriksiklus 1 sebesar 63,12 dansiklus 2 sebesar 77,96. Hal itumembuktikanbahwapenerapan model Example Non Exampledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS kelas IV SD 7 Cendono Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 7 Cendono Kudus dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Example Non Exampledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV SD 7 Cendono Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model Example Non Example, siswahendaknyalebihberpartisipasiaktifdanmemusatkanperhatianselamakegiatanpembelajaran di kelas. Bagi guru hendaknyamenggunakan model pembelajaraninovatif yang sesuaidengankarakteristiksiswadandapatmerangsangsiswa agar maubelajar.Bagisekolahhendaknyamemberikanhimbauandandukunganterhadap guru agar menggunakanpembelajaran yang lebihinovatifdanmenempatkansiswasebagaisubjekdalamkegiatanpembelajaran.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatlebihmemahamilangkah-langkah model Example Non Example, sehingga proses pembelajaranberjalandenganlancar

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: HasilBelajar IPS, PerkembanganTeknologiProduksi, KomunikasidanTransportasi, Model Example Non-Example
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Jun 2016 07:07
Last Modified: 25 Jun 2016 07:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item View Item