PEBRIANI, DIAN (2015) Course Review Horay, Keterampilan Membaca Pantun. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (761kB) |
PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (183kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitianinibertujuanmengetahuipeningkatanhasilbelajarkelas IV padamatapelajaran IPS materiperkembanganteknoogiproduksi, komunikasidantransportasidanmendeskripsikanpenerapan model Example Non-Examplepadasiswa SD 7 CendonoDawe Kudus. Hasilbelajar IPS merupakanhasilataupenilaian yang diterimaolehsiswadari proses pembelajaran IPS yang telahberlangsungdanditerimapadasaat proses pembelajaranselesaidenganmateriperkembanganteknologiproduksi, komnikasidantransportasibagisiswakelas IV SD 7 Cendono. Example Non Examplemerupakan model yang menggunakan media gambardalampenyampaianmateripembelajaran yang bertujuanmendorongsiswauntukberpikirkritisdenganjalanuntukmemecahkanpermasalahan yang tergandungdalamcontoh-contohgambar, yang terdiridaritahap 1 : mempersiapkangambar, tahap 2: menempelgambar, tahap 3: menganalisisgambar, tahap 4: diskusikelompok, tahap 5: presentasi, tahap 6: penjelasanmataeri, tahap 7 kesimpulan. Penelitiantindakankelasdilaksanakan di kelas IV SD 7 Cendono Kudus dengansubjekpenelitian guru dan 32 siswa.Penelitianiniberlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridariempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Variabelbebasadalah model Example Non Example. Sedangkanvariabelterikatadalahpembelajaran yang terdiridariketerampilan guru mengajardanhasilbelajarmeliputiranahsikap, pengetahuan, danketerampilan. Instrumenpenelitianiniadalahwawancara, observasi, tes, dandokumentasi. Hasilpenelitianterdapatpeningkatanketuntasannilaiketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadasiklus 1 memperolehnilai 2,56 dengankualifikasibaikdansiklus 2 memperolehnilai 3,35 dengankualifikasisangatbaik, nilaihasilbelajarranahkognitifsiklus 1 memperolehketuntasanklasikal 72% dansiklus 2 sebesar 87,5%, nilaipersentaseklasikalhasilbelajarranahafektifsiklus 1 persentasesebesar 61,59 dansiklus 2 sebesar 76,95 , nilaipersentaseklasikalhasilbelajarranahpsikomotoriksiklus 1 sebesar 63,12 dansiklus 2 sebesar 77,96. Hal itumembuktikanbahwapenerapan model Example Non Exampledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS kelas IV SD 7 Cendono Kudus. Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelas yang dilakukanpadakelas IV SD 7 Cendono Kudus dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Example Non Exampledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelas IV SD 7 Cendono Kudus. Untukitudisarankandalammenerapkan model Example Non Example, siswahendaknyalebihberpartisipasiaktifdanmemusatkanperhatianselamakegiatanpembelajaran di kelas. Bagi guru hendaknyamenggunakan model pembelajaraninovatif yang sesuaidengankarakteristiksiswadandapatmerangsangsiswa agar maubelajar.Bagisekolahhendaknyamemberikanhimbauandandukunganterhadap guru agar menggunakanpembelajaran yang lebihinovatifdanmenempatkansiswasebagaisubjekdalamkegiatanpembelajaran.Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatlebihmemahamilangkah-langkah model Example Non Example, sehingga proses pembelajaranberjalandenganlancar
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | HasilBelajar IPS, PerkembanganTeknologiProduksi, KomunikasidanTransportasi, Model Example Non-Example |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 25 Jun 2016 07:07 |
Last Modified: | 25 Jun 2016 07:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5365 |
Actions (login required)
View Item |