Wijayanti, Widya (2012) Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa(Studi Kasus Pada Siswa kelas VIII SMP N 2 Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2011/2012). Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAL JUDUL)
Hal.judul.pdf - Accepted Version Download (484kB) |
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (66kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (62kB) |
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
Abstrak
Peneliti melakukan wawancara dengan wali kelas untuk mendapatkan data tentang motivasi belajar siswa. Latar belakang penelitian ini yaitu masih ada sebagian siswa kelas VIII SMP N 2 Tlogowungu Pati mempunyai motivasi belajar rendah seperti siswa sering menunda-nunda dalam memulai dan menyelesaikan tugas ketika diberi tugas oleh guru, sering terlambat mengumpulkan tugas, lebih tertarik pada aktifitas lain yang dianggap lebih menyenangkan dari pada memperhatikan pelajaran yang diberikan guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Tlogowungu Pati tahun pelajaran 2011 / 2012?” Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Tlogowungu Pati. 2. Memperoleh peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Tlogowungu Pati setelah mendapat layanan konseling kelompok. . Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi: 1. Secara teoritis: Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan peneliti dibidang bimbingan dan konseling khususnya layanan konseling kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Tlogowungu Pati. 2. Kegunaan Praktis: 1) Bagi kepala sekolah bahwa layanan konseling kelompok dapat digunakan dalam pengambilan kebijakan untuk mendukung pelaksanaan BK disekolah. 2) Bagi konselor untuk dapat meningkatkan kemampuan profesional dan pengetahuan konselor tentang layanan konseling kelompok untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar siswa. 3) Diharapkan siswa dapat menerima manfaat konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajarnya. 4) Bagi sekolah hasil penelitian layanan konseling kelompok dapat dijadikan bahan masukan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas layanan konseling kelompok, dalam pembelajaran di masa yang akan datang dan dapat memberikan sumbangan yang berharga karena dapat memperbaiki prestasi belajar siswa. Ruang lingkup penelitian adalah Layanan Konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar yang rendah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2011/2012, maka pembahasan hanya mengungkap tetang penerapan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Fokus penelitian ini adalah delapan siswa kelas VIII SMP N 2 Tlogowungu Pati yang memiliki nilai rendah. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisa sistem bacon sedangkan observasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar sebelum dan sesudah layanan konseling kelompok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1. Layanan konseling kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tlogowungu Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. 2. Ada enam faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa, yaitu: selalu berfikir belum saatnya belajar, tidak ada waktu untuk belajar karena sering manggung dimalam hari, kurang semangat belajar karena dibenci oleh salah satu guru, merasa tidak memiliki potensi, rendahnya motivasi belajar kerena kurang kasih sayang orang tua, malas belajar karena mengandalkan teman sebangku. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi konselor dapat mencoba layanan konseling kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan harus mampu membimbing agar siswa mampu berfikir positif terhadap dirinya sendiri. 2. Bagi orang tua diharapkan dapat memberikan perhatian kepada anak untuk mempertahankan motivasi belajar yang sudah meningkat. 3. Bagi siswa dapat aktif memanfaatkan layanan konseling kelompok untuk membantu memecahkan persoalan dan mempertahankan minat, keaktifan dan keseriusan dalam proses belajar dikelas.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I Drs. Sucipto, M.Pd. Kons., Dosen Pembimbing II Drs. Sabar Rutoto. M.Pd |
Kata Kunci: | Konseling Kelompok; Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 1245 not found. |
Date Deposited: | 03 Dec 2012 05:14 |
Last Modified: | 03 Dec 2012 05:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/537 |
Actions (login required)
View Item |