Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd 02 Hadipolo

AMRI, MUH. SAIFUL (2016) Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sd 02 Hadipolo. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (523Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (221Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (420Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (669Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2602Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (483Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (198Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (199Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mendeskripsikan Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Proses Pembelajaran Dan Menemukan Peningkatan Keterampilan Guru, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Materi Meneladani Kepahlawanan Dan Patriotisme Tokoh-Tokoh Lingkungan Sekitar Pada Kelas IV SD 2 Hadipolo Kudus. Teori Belajar Konstruktivisme Adalah Teori Belajar Yang Mendasarkan Pada Pengalaman Yang Diakomodasikan Kedalam Pengetahuan Pembelajaran Untuk Di Aplikasikan Mengkaji Masalah-Masalah Yang Ada Di Lingkungan Siswa Sendiri. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Terdapat Lima Tahapan Penting Apresepsi , Eksplorasi, Dikusi Dan Penjelasan Konsep, Pengembangan Dan Aplikasi Dan Kesimpulan. Hasil Belajar IPS Yaitu Hasil Yang Berupa Kemampuan Dalam Domain Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Ini Dilakukan Di SD 2 Hadipolo Kudus Dengan Jumlah 21 Siswa. Dan Penelitian Ini Dilakukan Dalam 2 Siklus. Siklus I Dengan 2 Pertemuan Dan Siklus II Dengan 2 Pertemuan. Variabel Bebasnya Yaitu Teori Belajar Konstruktivisme, Variabel Terikatnya Yaitu Hasil Belajar IPS Materi Meneladani Kepahlawanan Dan Patriotisme Tokoh-Tokoh Lingkungan Sekitar. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Observasi, Wawancara, Tes, Dan Dokumentasi. Teknikobservasi, Wawancara, Dan Dokumentasi Digunakan Untuk Mengumpulkan Data Tentang Pembelajaran. Teknik Tes Digunakan Untuk Melihat Hasil Tes Setelah Tindakan. Data Hasil Observasi Dianalisis Dengan Teknik Deskriptif Kualitatif Dan Hasil Tes Dianalisis Dengan Analisis Kuantitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanimplementasiteoribelajarkonstruktivismedapatmeningkatkan:(1) Keterampilan Guru Dalammengelolapembelajaranpadasiklus I Memperolehpersentasesebesar 74,51 % Dengankriteriabaik (B) Danmeningkat Di Siklus II Menjadi 89,91% Dengankriteriasangatbaik (SB). (2) Aktivitasbelajarsiswasecaraindividupadasiklus I Memperolehpresentasesebesar 70,91% Dengankriteriabaik (B), Danmeningkat Di Siklus II Menjadi 86,83% Dengankriteriasangatbaik (SB). Aktivitaskelompokpadasiklus I Memperolehpresentasesebesar 68,74% Dengankriteriabaik (B), Danmeningkat Di Siklus II Menjadi 90,62% Dengankriteriasangatbaik (SB) (3) Hasilbelajarsiswaranahkognitifsiklus I Memperolehpersentasesebesar 61,91% Danmeningkat Di Siklus II Menjadi 85,7%. Hasilbelajarranahafektifpadasikus I Memperolehpersentasesebesar 70,35% Danmeningkatpadasiklus II Menjadi83,81%. Hasilbelajarranahpsikomotoriksiklus I Memperolehpersentasesebesar 72% Danmeningkatpadasiklus Iimenjadi80,90%. Simpulanpenelitianiniyaituteoribelajarkonstruktivismedapatmeningkatkanhasilbelajar Ipskelas IV SD 2 Hadipolo.Saran Dalampenelitianiniyaitu Guru Hendaknyamengkonseptualkanpengetahuanberdasarkanpadapengalamansiswa.Siswahendaknyaaktifdalam Proses Pembelajarandanterlibataktifdalamdiskusi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dr. Sri Utamaningsih, M. Pd
                    Uncontrolled Keywords: Belajar, Ips, Teori Belajar Konstruktivisme.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 08:34
                    Last Modified: 27 Jun 2016 08:34
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5375

                    Actions (login required)

                    View Item