Pmri, Hasil Belajar, Matematika

ANGGRAENI, PUSPITA (2016) Pmri, Hasil Belajar, Matematika. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (970Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (235Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (385Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (885Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1906Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (502Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (133Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (208Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latarbelakangpenelitiantindakankelassebagaiberikut (1) Penjelasan Guru Monotondanbelummenggunakan Media Pembelajaran Yang Menarik (2) Siswakurangaktifsaatkegiatanpembelajaran (3) Hasilbelajarpknkelasiv SD 1 Jepang Pakis Masihrendah. Dari Berbagai Permasalahan Yang Terjadi Menyebabkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV SD 1 Jepang Pakis Kurang Maksimal. Selain Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Yakni Problem Based Learning, Dalam Memperbaiki Kualitas Pembelajaran Pkn Pada Kelas IV SD 1 Jepang Pakis Juga Disertai Penggunaan Media Pembelajaran Yang Mampu Merangsang Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Media Pembelajaran Yang Digunakan Yaitu Media Visual. Tujuanpenelitiantindakankelasiniadalah (1) Untuk Mengetahuipeningkatanketerampilan Guru Dalam Menerapkan Model Problem Based Learning Berbasis Visual Pada Pembelajaran Pkn Kelas IV Di SD 1 Jepang Pakis Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Dalam Pembelajaran. (2) Untuk Mengetahui Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Visual Pada Pembelajaran Pkn Kelas IV Di SD 1 Jepang Pakis Kecamatan Jati Kabupaten Kudus (3) Untuk Mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Setelah Diterapkan Model Problem Based Learning Berbasis Visual Pada Siswa Kelas IV SD 1 Jepang Pakis Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Penerapan Model Problem Based Learningberbasis Media Visualmerupakan Model Pembelajaran Yang Mengarahkansiswauntukberpikirsecaraluasdalammenyelesaikanmasalahmelalui Proses Kerjakelompoksehinggasiswadapatmemberdayakan, Mengasahdanmengembangkankemampuanberpikirnyasecaraberkesinambungan. Hasilbelajaradalahperolehan Proses Belajaryang Berupapengetahuan, Sikapdanketerampilan (Kognitif, Afektif, Psikomotorik). Penelitianinidirancangmenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK) Terdiriatasduasiklus.Subjekpenelitianiniadalahpenelitisebagai Guru Dan 24 Siswasd1jepang Pakis Tahun 2015/2016.Tehnikpengumpulan Data Menggunakanobservasi, Wawancara, Dokumentasidantes.Datayang Diperolehdaritindakandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatandiantaranyapadaketerampilan Guru Siklus I Mencapai Rata-Rata Persentasesebesar 71,875 % (Baik) Danmeningkatpadasiklus II Rata-Rata Sebesar 82,5 % (Sangatbaik). Aktivitassiswaranahafektifpadasiklus I Rata-Rata Mencapai 73,9 % (Baik), Meningkatpadasiklus II Rata-Rata Mencapai 79,99 % (Baik). Aktivitassiswaranahpsikomotorik Rata-Rata Sebesar 77,705 % (Baik) Danmeningkatpadasiklus II Rata-Rata Sebesar 80,46 (Sangatbaik). Hasilbelajarranahkognitif Rata-Rata Ketuntasanklasikalprasiklusmencapai 45,83% Danmeningkatpadasiklus I Dengan Rata-Rata Ketuntasanklasikalmencapai 79,16% (Baik) Danmeningkatlagipadasiklus II Rata-Rata Ketuntasanklasikalsebesar 87,5% (Sangatbaik). Berdasarkanhasilpenelitiantindakankelasdapatdisimpulkanbahwapenerapan Model Problem Based Learningberbasis Media Visualdapatmeningkatkanketerampilan Guru, Aktivitasbelajarsiswadanhasilbelajarpknsiswakelas IV SD 1 Jepang Pakis Kecamatanjati Kudus. Adapun Saran Yang Diberikan Penelitiyaitu Sebaiknya Guru Dapat Menggunakan Menggunakan Model Dan Media Yang Variatifmisalnyamenggunakan Model Problem Based Learningdan Media Visual, Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru, Aktivitassiswa, Hasil Belajar Di SD 1 Jepang Pakis Kecamatanjatikabupaten Kudus.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Santoso, S.Pd, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning Berbasis Media Visual, Sistempemerintahankabupaten, Kota Danprovinsi, Hasilbelajarpkn.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 10:09
                    Last Modified: 27 Jun 2016 10:09
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5385

                    Actions (login required)

                    View Item