Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis

Anggraeni, Rina (2015) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (629Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (187Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (285Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (542Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1855Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (255Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (101Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (173Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (21Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Hasil Belajar Adalah Kemampuan-Kemampuan Yang Dimiliki Siswa Setelah Menerima Pengalaman Belajarnya (Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Yang Dimaksud Adalah Model Pembelajaran Secara Berkelompok Yang Terdiri Dari 2-3 Siswa Dimana Model Pembelajaran Tersebut Membebaskan Setiap Siswa Berkreasi Untuk Membuat Peta Pikirannya Sendiri. Hal Ini Tentu Akan Sangat Menarik Bagi Siswa Sehingga Siswa Dapat Lebih Fokus Pada Materi Pelajaran Dan Mudah Untuk Mengingat Materi Yang Diajarkan. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas V Sd 04 Gondangmanis Setiap Siklusnya Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Mind Mapping. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Matematika. Teknik Pengumpulan Data Berupa Tes, Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Yang Cukup Signifikan. Hasil Belajar Ranah Kognitif Siklus 1 Memperoleh Ketuntasan Klasikal 73,33% Dan Siklus 2 Sebesar 86,67%. Hasil Belajar Ranah Afektif Siklus 1 Sebesar 57,69% Dengan Kualifikasi Cukup Dan Siklus 2 Sebesar 79,17% Dengan Kualifikasi Baik. Hasil Belajar Ranah Psikomotor Siklus 1 Sebesar 51,39% Dengan Kualifikasi Kurang Dan Siklus 2 Sebesar 80,64% Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Mengalami Peningkatan Pada Siklus 1 Sebesar 80,15% Dengan Kualifikasi Baik Menjadi 94,12% Pada Siklus 2 Dengan Kualifikasi Baik. Keterampilan Guru Pada Siklus 1 Sebesar 73,57% Dengan Kualifikasi Baik Dan Menjadi 93,21% Pada Siklus 2 Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V Sd 04 Gondangmanis Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping, Guru Hendaknya Memberikan Latihan Secara Bertahap Dalam Pembuatan Mind Mapping Dan Melakukan Pendampingan Secara Khusus Kepada Siswa Yang Masih Mengalami Kesulitan Dalam Membuat Mind Mapping Dengan Design Yang Unik, Menarik, Dan Kreatif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, M.M.
                    Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar, Sifat-Sifat Bangun Datar.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 10:56
                    Last Modified: 27 Jun 2016 10:56
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5390

                    Actions (login required)

                    View Item