Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis

Anggraeni, Rina (2015) Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (645kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (292kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (555kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (177kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (22MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Hasil Belajar Adalah Kemampuan-Kemampuan Yang Dimiliki Siswa Setelah Menerima Pengalaman Belajarnya (Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Yang Dimaksud Adalah Model Pembelajaran Secara Berkelompok Yang Terdiri Dari 2-3 Siswa Dimana Model Pembelajaran Tersebut Membebaskan Setiap Siswa Berkreasi Untuk Membuat Peta Pikirannya Sendiri. Hal Ini Tentu Akan Sangat Menarik Bagi Siswa Sehingga Siswa Dapat Lebih Fokus Pada Materi Pelajaran Dan Mudah Untuk Mengingat Materi Yang Diajarkan. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas V Sd 04 Gondangmanis Setiap Siklusnya Terdiri Dari Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Mind Mapping. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Matematika. Teknik Pengumpulan Data Berupa Tes, Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Yang Cukup Signifikan. Hasil Belajar Ranah Kognitif Siklus 1 Memperoleh Ketuntasan Klasikal 73,33% Dan Siklus 2 Sebesar 86,67%. Hasil Belajar Ranah Afektif Siklus 1 Sebesar 57,69% Dengan Kualifikasi Cukup Dan Siklus 2 Sebesar 79,17% Dengan Kualifikasi Baik. Hasil Belajar Ranah Psikomotor Siklus 1 Sebesar 51,39% Dengan Kualifikasi Kurang Dan Siklus 2 Sebesar 80,64% Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Mengalami Peningkatan Pada Siklus 1 Sebesar 80,15% Dengan Kualifikasi Baik Menjadi 94,12% Pada Siklus 2 Dengan Kualifikasi Baik. Keterampilan Guru Pada Siklus 1 Sebesar 73,57% Dengan Kualifikasi Baik Dan Menjadi 93,21% Pada Siklus 2 Dengan Kualifikasi Sangat Baik. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas V Sd 04 Gondangmanis Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Mind Mapping Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Siswa Kelas V Sd 04 Gondangmanis. Untuk Itu Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping, Guru Hendaknya Memberikan Latihan Secara Bertahap Dalam Pembuatan Mind Mapping Dan Melakukan Pendampingan Secara Khusus Kepada Siswa Yang Masih Mengalami Kesulitan Dalam Membuat Mind Mapping Dengan Design Yang Unik, Menarik, Dan Kreatif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Masturi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar, Sifat-Sifat Bangun Datar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jun 2016 03:56
Last Modified: 27 Jun 2016 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item