Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Student Teams Achievement Division Bagi Siswa Kelas Iv Sd 2 Garung Kidul Kudus

FARID, MUHAMMAD MIFTAKHUL (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Student Teams Achievement Division Bagi Siswa Kelas Iv Sd 2 Garung Kidul Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
1._HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (866kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
2._BAB_I_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
3._BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
4._BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
5._BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
6._BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
7._BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi bagi siswa kelas IV SD 2 Garung Kidul Kudus. Hasil belajar merupakan hasil yang akan dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar ditunjukkan setelah siswa mengalami ativitas belajar yang dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Student Teams Achievement Division adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada membuat pembelajaran menyenangkan yaitu dengan cara mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang nantinya guru membimbing kelompok bekerja dan belajar. Kelompok yang mendapat nilai tertinggi akan mendapatkan penghargaan dari guru. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 2 Garung Kidul Kudus dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar PKn siswa ranah kognitif pada materi globalisasi yang cukup signifikan antara pra siklus (23,08%), siklus I (57,69%) dan siklus II (80,77%), didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah afektif siklus I 64% (cukup) menjadi 76% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik siklus I 66% (baik) menjadi 75% (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model STAD juga mengalami peningkatan pada siklus I 73,75% (baik) Menjadi 81,25% (baik). hal itu membuktikan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi kelas IV SD 2 Garung Kidul. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Garung Kidul dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi kelas IV SD 2 Garung Kidul. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model STAD, guru tidak hanya menilai hasil belajar siswa tentang kognitifnya saja tetapi hasil belajar aspek afektif dan psikomotoriknya juga dinilai untuk memantau perkembangan siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing : Santoso, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 28 Jun 2016 01:20
Last Modified: 28 Jun 2016 01:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item