Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Student Teams Achievement Division Bagi Siswa Kelas Iv Sd 2 Garung Kidul Kudus

FARID, MUHAMMAD MIFTAKHUL (2016) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Student Teams Achievement Division Bagi Siswa Kelas Iv Sd 2 Garung Kidul Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (846Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (321Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (404Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (540Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2198Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (519Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (140Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (211Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (7Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi globalisasi bagi siswa kelas IV SD 2 Garung Kidul Kudus. Hasil belajar merupakan hasil yang akan dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Hasil belajar ditunjukkan setelah siswa mengalami ativitas belajar yang dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Student Teams Achievement Division adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada membuat pembelajaran menyenangkan yaitu dengan cara mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang nantinya guru membimbing kelompok bekerja dan belajar. Kelompok yang mendapat nilai tertinggi akan mendapatkan penghargaan dari guru. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 2 Garung Kidul Kudus dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar PKn siswa ranah kognitif pada materi globalisasi yang cukup signifikan antara pra siklus (23,08%), siklus I (57,69%) dan siklus II (80,77%), didukung dengan peningkatan hasil belajar siswa pada ranah afektif siklus I 64% (cukup) menjadi 76% (baik) siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik siklus I 66% (baik) menjadi 75% (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model STAD juga mengalami peningkatan pada siklus I 73,75% (baik) Menjadi 81,25% (baik). hal itu membuktikan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi kelas IV SD 2 Garung Kidul. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Garung Kidul dapat disimpulkan bahwa penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi kelas IV SD 2 Garung Kidul. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model STAD, guru tidak hanya menilai hasil belajar siswa tentang kognitifnya saja tetapi hasil belajar aspek afektif dan psikomotoriknya juga dinilai untuk memantau perkembangan siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Santoso, S.Pd, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 28 Jun 2016 08:20
                    Last Modified: 28 Jun 2016 08:20
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5418

                    Actions (login required)

                    View Item