Rahayu, Ratri (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Model Pmri. Refleksi Edukatika, 6 (1). ISSN 2087-9385
Preview |
Image (JPEG) (Cover)
SAMPUL.jpg - Published Version Download (2MB) |
Preview |
PDF (Hal. Depan)
SAMPUL_DAN_DAFTAR_ISI.pdf - Published Version Download (4MB) |
Preview |
PDF (Artikel)
artikel.pdf - Published Version Download (9MB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah matematika pada model PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pecangaan pada tahun pelajaran 2013/2014 dan melibatkan 139 siswa yang dipertimbangkan dari total populasi 218 siswa kelas VIII secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 5 jenis skala: percaya diri, fleksibilitas, mengapresiasi peranan matematika, menghargai aplikasi matematika, dan refleksi cara berpikir. Data dianalisis dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) fleksibilitas, mengapresiasi peranan matematika, menghargai aplikasi matematika, dan refleksi cara berpikir secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah matematika sebesar 22%; (2) mengapresiasi peranan matematika berpengaruh terhadap kepercayaan diri sebesar 31,3%; (3) menghargai aplikasi matematika berpengaruh terhadap kepercayaan diri sebesar 22,8%.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | percaya diri, PMRI |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 01:32 |
Last Modified: | 16 Feb 2017 12:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5423 |
Actions (login required)
View Item |