Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Model Pmri

Rahayu, Ratri (2015) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Model Pmri. Refleksi Edukatika, 6 (1). ISSN 2087-9385

[img]
Tinjau ulang
Image (JPEG) (Cover) - Published Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Depan) - Published Version
Download (4MB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Artikel) - Published Version
Download (9MB) | Tinjau ulang
Official URL: htttp:\\jurnal.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah matematika pada model PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pecangaan pada tahun pelajaran 2013/2014 dan melibatkan 139 siswa yang dipertimbangkan dari total populasi 218 siswa kelas VIII secara purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 5 jenis skala: percaya diri, fleksibilitas, mengapresiasi peranan matematika, menghargai aplikasi matematika, dan refleksi cara berpikir. Data dianalisis dengan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) fleksibilitas, mengapresiasi peranan matematika, menghargai aplikasi matematika, dan refleksi cara berpikir secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah matematika sebesar 22%; (2) mengapresiasi peranan matematika berpengaruh terhadap kepercayaan diri sebesar 31,3%; (3) menghargai aplikasi matematika berpengaruh terhadap kepercayaan diri sebesar 22,8%.

Tipe dokumen: Artikel
Uncontrolled Keywords: percaya diri, PMRI
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 28 Jun 2016 01:32
Last Modified: 16 Feb 2017 12:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5423

Actions (login required)

View Item View Item