Pengaruh Harga, Promosi, Dan Fasilitas Pendukung Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Griptha Kudus

Rabuanawati, Nofi (2015) Pengaruh Harga, Promosi, Dan Fasilitas Pendukung Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Griptha Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (333kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa konsumen pada jaman sekarang adalah konsumen yang kritis dengan adanya promo-promo yang menarik maka konsumen sangat berhati-hati dalam membelanjakan uang. Mereka mempertimbangkan banyak faktor untuk memilih sebuah produk atau jasa termasuk jasa perhotelan. Harga dan fasilitas menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam menentukan pilihan. Pada tingkat harga yang hampir sama, Semakin lengkap fasilitas yang disediakan pihak hotel, maka akan semakin puas pelanggan dan ia akan terus memilih perusahaan tersebut sebagi pilihan prioritas berdasarkan persepsi yang peroleh terhadap fasilitas yang tersedia. Permasalahan yang akan diteliti: Apakah harga, promosi, dan fasilitas pendukung berpengaruh secara parsial terhadap kepuasaan pelanggan pada Hotel Griptha Kudus? Apakah variabel harga, promosi, dan fasilitass pendukung berpengaruh secara silmultan terhadap kepuasaan pelanggan pada Hotel Griptha Kudus? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk menguji variabel harga, promosi, dan fasilitas pendukung pada Hotel Griptha Kudus secara parsial. Untuk menguji pengaruh variabel harga, promosi, dan fasilitas pendukung terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Griptha Kudus secara simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang datang dan menginap pada Hotel Griptha Kudus selama 3 bulan yaitu bulan April-Juni 2015 sebanyak 240 orang. Adapun tehnik sampling menggunakan aksidental sampling dengan penentuan sampel dengan rumus slovin didapatkan sampel sebanyak 71 responden. Analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan regresi berganda diuji secara parsial (uji t) dan simultan (uji F). Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, tingkat signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung pada harga adalah 5,426. Pada derajat bebas (df) = N-k-1 = 71 3– 1 = 67, nilai ttabel pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 5%) adalah 1,667. Oleh karena thitung lebih besar dari ttabel. Promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan menunjukkan hasil tingkat signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung pada promosi adalah 6,388. Pada derajat bebas (df) = N-k-1 = 71- 3-1 = 67, nilai ttabel pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 5%) adalah 1,667. Adapun fasilitas pendukung juga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan tingkat signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 dan nilai thitung pada fasilitas pendukung adalah 5,315. Pada derajat bebas (df) = N-k-1 = 71 – 3-1 = 67, nilai ttabel pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 5%) adalah 1,667. Adapun uji simultan didapatkan hasil bahwa variabel harga, fasilitas pendukung dan promosi terbukti secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan Hotel Griptha Kudus dengan nilai Freg sebesar 23,977. Nilai tersebut kemudian dengan nilai Ftabel agar dapat menguji hipotesis yang diajukan. Nilai Ftabel dicari berdasarkan df = N-m-1 dengan hasil 71-3-1 = 67 diperoleh hasil Ftabel 5% = 3,98 Ftabel 1% = 7,02. Dari perhitungan diperoleh Freg lebih besar dari Ftabel taraf sig 5% maupun 1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh secara bersama-sama antara Harga, promosi, fasilitas pendukung terhadap kepuasan konsumen di Hotel Griptha Kudus dibuktikan dengan hasil penelitian dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 berarti mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai fhitung sebesar 23,977 lebih besar dari Ftabel sebesar 7,02. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada Hotel Griptha Kudus untuk memperbaiki beberapa indikator yang masih lemah diantaranya pada variabel promosi pada indikator kegiatan promosi yang menarik kiranya ditekankan pada promosi yang lebih sering adanya event-event.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Drs. H. M. Masruri, MM.
Kata Kunci: Harga, Promosi. Fasilitas Pendukung, Kepuasan Pelanggan
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 28 Jun 2016 02:45
Last Modified: 28 Jun 2016 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5435

Actions (login required)

View Item View Item