Malay, Baginda Abu Fahrur (2012) Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Mambaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (455kB) |
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (39kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (62kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
PRESENTASI_SKRIPSI.pptx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian diperoleh dengan wawancara maupun observasi langsung yang diperoleh data tentang peserta didik yang minat belajarnya rendah, maka untuk mengatasi hal tersebut perlu diberikan bimbingan kelompok. Pada dasarnya, bimbingan kelompok bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mengoptimalkan perkembangan peserta didik sesuai dengan kemampuannya agar dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya. Program bimbingan kelompok yang diberikan kepada peserta didik juga merupakan usaha untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, yang kedepannya diharapkan anak termotivasi dalam belajar sehingga prestasi belajarnya meningkat. Adapun rumusan masalahnya: adakah pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar peserta didik sebagai upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas?. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data yang valid dan bersifat empiris tentang ada tidaknya pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar sebagai upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik. Kegunaan penelitian secara umum untuk meningkatkan kompetensi guru pembimbing dalam memberdayakan kegiatan pembiasaan belajar yang baik di sekolah dalam menghadapi kondisi para peserta didik sekolah yang masih minim minat belajarnya. Ruang lingkup penelitian ini adalah minimnya minat belajar peserta didik sehingga prestasi belajar yang diharapkan tidak tercapai secara maksimal. Padahal untuk mencapai prestasi belajar yang baik disamping kecerdasan juga minat, sebab tanpa adanya minat segala kegiatan akan dilakukan kurang efektif dan efesien. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok diharapkan mampu mengatasi problematika yang dihadapi peserta didik. Subjek penelitiannya pada peserta didik kelas VIII yang dianggap memiliki minat yang rendah dalam belajar yang berjumlah 14 peserta didik. Metode pengumpul data menggunakan angket, dokumentasi, dan metode angket sebagai metode pokok. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisa kuantitatif dengan mendiskripsikan antar variabel dengan menggunakan rumus t-test. Setelah data terkumpul dan dianalisis dengan t-tes diperoleh t hitung dengan nilai 7,168 lebih besar dari t-tabel 5% = 2,145 yang dapat dikatakan signifikan, sehingga dapat disimpulkan terjadi perubahan ke arah positif sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil tersebut, saran peneliti diharapkan guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya juga memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar para peserta didiknya. Dan kepada para peserta didik hendaknya selalu terus berusaha meningkatkan prestasi belajarnya demi tercapainya apa yang dicita-citakan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Pembimbing II. Dra. Hj. Sutarti, SE. MM. |
Kata Kunci: | Bimbingan Kelompok, Minat Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Motivasi Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 06 Dec 2012 07:19 |
Last Modified: | 06 Dec 2012 07:19 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/550 |
Actions (login required)
View Item |