Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Mambaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Malay, Baginda Abu Fahrur (2012) Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Mambaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (455kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab I) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (127kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab II) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (160kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (128kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (70kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (39kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (62kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (185kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian diperoleh dengan wawancara maupun observasi langsung yang diperoleh data tentang peserta didik yang minat belajarnya rendah, maka untuk mengatasi hal tersebut perlu diberikan bimbingan kelompok. Pada dasarnya, bimbingan kelompok bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mengoptimalkan perkembangan peserta didik sesuai dengan kemampuannya agar dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya. Program bimbingan kelompok yang diberikan kepada peserta didik juga merupakan usaha untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, yang kedepannya diharapkan anak termotivasi dalam belajar sehingga prestasi belajarnya meningkat. Adapun rumusan masalahnya: adakah pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar peserta didik sebagai upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas?. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data yang valid dan bersifat empiris tentang ada tidaknya pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar sebagai upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik. Kegunaan penelitian secara umum untuk meningkatkan kompetensi guru pembimbing dalam memberdayakan kegiatan pembiasaan belajar yang baik di sekolah dalam menghadapi kondisi para peserta didik sekolah yang masih minim minat belajarnya. Ruang lingkup penelitian ini adalah minimnya minat belajar peserta didik sehingga prestasi belajar yang diharapkan tidak tercapai secara maksimal. Padahal untuk mencapai prestasi belajar yang baik disamping kecerdasan juga minat, sebab tanpa adanya minat segala kegiatan akan dilakukan kurang efektif dan efesien. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok diharapkan mampu mengatasi problematika yang dihadapi peserta didik. Subjek penelitiannya pada peserta didik kelas VIII yang dianggap memiliki minat yang rendah dalam belajar yang berjumlah 14 peserta didik. Metode pengumpul data menggunakan angket, dokumentasi, dan metode angket sebagai metode pokok. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisa kuantitatif dengan mendiskripsikan antar variabel dengan menggunakan rumus t-test. Setelah data terkumpul dan dianalisis dengan t-tes diperoleh t hitung dengan nilai 7,168 lebih besar dari t-tabel 5% = 2,145 yang dapat dikatakan signifikan, sehingga dapat disimpulkan terjadi perubahan ke arah positif sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil tersebut, saran peneliti diharapkan guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya juga memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar para peserta didiknya. Dan kepada para peserta didik hendaknya selalu terus berusaha meningkatkan prestasi belajarnya demi tercapainya apa yang dicita-citakan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing I. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Pembimbing II. Dra. Hj. Sutarti, SE. MM.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
FIlsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Motivasi
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
Tanggal Deposit: 06 Dec 2012 07:19
Last Modified: 06 Dec 2012 07:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item