Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Mambaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Malay, Baginda Abu Fahrur (2012) Pengaruh Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs. Mambaul Ulum Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (455kB)
[thumbnail of Bab I] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (62kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Presentasi Ujian] Microsoft PowerPoint (Presentasi Ujian)
PRESENTASI_SKRIPSI.pptx - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian diperoleh dengan wawancara maupun observasi langsung yang diperoleh data tentang peserta didik yang minat belajarnya rendah, maka untuk mengatasi hal tersebut perlu diberikan bimbingan kelompok. Pada dasarnya, bimbingan kelompok bertujuan untuk membantu peserta didik dalam mengoptimalkan perkembangan peserta didik sesuai dengan kemampuannya agar dapat menyesuaikan dirinya dengan lingkungannya. Program bimbingan kelompok yang diberikan kepada peserta didik juga merupakan usaha untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, yang kedepannya diharapkan anak termotivasi dalam belajar sehingga prestasi belajarnya meningkat. Adapun rumusan masalahnya: adakah pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar peserta didik sebagai upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas?. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan data yang valid dan bersifat empiris tentang ada tidaknya pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar sebagai upaya peningkatan prestasi belajar peserta didik. Kegunaan penelitian secara umum untuk meningkatkan kompetensi guru pembimbing dalam memberdayakan kegiatan pembiasaan belajar yang baik di sekolah dalam menghadapi kondisi para peserta didik sekolah yang masih minim minat belajarnya. Ruang lingkup penelitian ini adalah minimnya minat belajar peserta didik sehingga prestasi belajar yang diharapkan tidak tercapai secara maksimal. Padahal untuk mencapai prestasi belajar yang baik disamping kecerdasan juga minat, sebab tanpa adanya minat segala kegiatan akan dilakukan kurang efektif dan efesien. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok diharapkan mampu mengatasi problematika yang dihadapi peserta didik. Subjek penelitiannya pada peserta didik kelas VIII yang dianggap memiliki minat yang rendah dalam belajar yang berjumlah 14 peserta didik. Metode pengumpul data menggunakan angket, dokumentasi, dan metode angket sebagai metode pokok. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisa kuantitatif dengan mendiskripsikan antar variabel dengan menggunakan rumus t-test. Setelah data terkumpul dan dianalisis dengan t-tes diperoleh t hitung dengan nilai 7,168 lebih besar dari t-tabel 5% = 2,145 yang dapat dikatakan signifikan, sehingga dapat disimpulkan terjadi perubahan ke arah positif sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil tersebut, saran peneliti diharapkan guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya juga memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar para peserta didiknya. Dan kepada para peserta didik hendaknya selalu terus berusaha meningkatkan prestasi belajarnya demi tercapainya apa yang dicita-citakan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I. Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Pembimbing II. Dra. Hj. Sutarti, SE. MM.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi > Motivasi
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2012 07:19
Last Modified: 06 Dec 2012 07:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item