Layanan Bimbingan Kelompok untuk Memperbaiki Etika Berperilaku Siswa kelas VIII MTs Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Lestari, Sri (2012) Layanan Bimbingan Kelompok untuk Memperbaiki Etika Berperilaku Siswa kelas VIII MTs Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (438Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (121Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (193Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (240Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (636Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (419Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (145Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (65Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (1295Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (309Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tingkat kepribadian siswa yang reddah seperti memanggil temannya dengan panggilan yang kasar, terhadap orangtua kurang menghormati, terhadap guru tidak sopan, menertawakan teman yang sedang jatuh, sering bertengkar dengan teman disekolah, dan mengambil alat tulis teman tanpa izin. Oleh karena itu peneliti melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk memperbaiki etika berperilaku siswa. Berdasarkan uraian masalah tersebut dirumuskan: “ Apakah layanan bimbingan kelompok dapat memperbaiki etika berperilaku siswa kelas VIII MTs Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus tahun pelajaran 2011/2012 ?” Tujuan penelitian : 1. Mendeskripsikan Etika Berperilaku Siswa melalui layanan bimbingan kelompok bagi siswa kelas VIII MTs darul anwar cranggang dawe kudus tahun pelajaran 2011/2012, 2. Menemukan perbaikan etika berprilaku siswa melalui layanan bimbingan kelompok bagi siswa kelas VIII MTsDarul Anwar Cranggang Dawe Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Manfaat yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu:1. Kegunaan Teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat melengkapi referensi yang telah ada, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan di Sekolah khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling yang menyangkut Bimbingan Kelompok dengan menggunakan layanan Bimbingan Kelompok dengan memperbaiki Etika Berperilaku Siswa. 2. Secara praktis, yaitu : dapat member masukan kepada kepala sekolah berupa informasi ilmiah tentang pentingnyapemberian layanan bimbingan kelompok pada para siswa agar tika berperilaku positif siswa dapat terbentuk menjadi lebih baik, dapat memberikan masukan dan informasi bagi para guru pembimbing agar memberikan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk etika berperilaku yang positif bagi siswa, dapat memberikan masukan kepada orang tua atau wali murid tentang layanan bimbingan kelompok sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan mengasuh, mendidik, dan membentuk etika berperilaku yang positif bagi siswa, dan dapat memberikan wawasan kepada siswa tentang pentingnya bimbingan kelompok terhadap pementukan etika berperilaku yang positif bagi siswa, sehingga dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangun kesadaran siswa dalam berperilaku di MTsDarul Anwar Cranggang Dawe Kudus. Materi dalam bimbingan kelompok adalah 1. Menghargai, menghormati orangtua dan guru 2.Empati terhadap teman, 3. Menghargai teman, 4. Memiliki adab kesopanan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah :Layanan Bimbingan Kelompok dapat Memperbaiki Etika Berperilaku Siswa Kelas VIII MTS Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus tahun pelajaran 2011/2012”. Variable penelitian : layanan bimbingan kelompok (variable bebas) dan etika berperilaku (variable terikat). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Subyek dalam penelitian ini adalah 8 siswa.Peneliti ini menggunakan purpose sample (sample bertujuan) yaitu hanya dikenakan kepada siswa yang diidentifikasi memiliki etika berperilaku positif yang rendah.Hasil analisi observasi sebelum bimbingan tingkat etika berperilaku siswa rendah dan sedang, setelah memperolah bimbingan meningkat menjadi sedang dan tinggi.Pada pra siklus pencapaian indikator terendah adalah 25%, sedang 35% lalu tinggi 50%. Pada siklus I pencapaian indikator terendah adalah 50%, sedang 70% dan tinggi 80%, sedangkan pada siklus II pencapaian indikator 70 sedang 85 dan tertinggi 90%. Dari hasil prosentase tersebut dapat di simpulkan bimbingan kleompok berjalan lancar. Simpulan, bimbingan kelompok secara efektif dapat memperbaiki etika berperilaku siswa kelas VIII MTsDarul Anwar Cranggang Dawe Kudus. Saran: 1.Kepala sekolah hendaknya memberikan jam BK kepada kelas VIII agar program BK dapat terlaksana, khususnya dalam layanan bimbingan kelompok. 2.Hendaknya Wali kelas dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk membentuk mengetahui etika berperilaku siswa dan memotivasi siswa agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok. 3.Peneliti :Pelaksanaan bimbingan kelompok sebaiknya menggunakan media audio visual VCD yang menapilkan perbuatan-perbuatan yang menunjukan sikap etika yang rendak dan dengan sikap etika yang baik, sehingga siswa lebih tertarik dalam mengikuti bimbingan kelompok dan dapat memahami serta meningkatkan etika berperilaku yang baik tersebut terhadap kehidupanya. 4. Orangtua hendaknya menanmkan pendididkan keagamaaan pada putra-putrinya sejak usia dini agar terbentu perkembangan etika anak yang baik. 5. Diharapkan agar siswa berperan aktif dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif di lingkungan sekolah masyarakat.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Dosen Pembimbing I Drs. Sabar Rutoto, M.Pd. Dosen Pembimbing Dr. Murtono, M.Pd.
                      Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Etika berperilaku.
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Sekolah Menengah Pertama
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                      Tanggal Deposit: 10 Dec 2012 10:40
                      Last Modified: 10 Dec 2012 10:40
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/552

                      Actions (login required)

                      View Item