Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas Iv Sd 1 Gamong Kaliwungu Kudus

Jayanti, Ningrum Dwi (2015) Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Siswa Kelas Iv Sd 1 Gamong Kaliwungu Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (421kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (444kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (499kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (207kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (173kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (180kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Model Jigsaw adalah model yang didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengerjakan materi tersebut pada anggota kelompoknya yang lain. Model pembelajaran ini terfokus pada kemampuan bekerjasama antar kelompok. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dikelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus dengan subjek penelitian 22 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang akan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw, sedangkan variable terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini antara lain pedoman wawancara, lembar observasi serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS dan keterampilan mengajar guru meningkat pada setiap siklusnya. Hasil belajar IPS (ranah kognitif) siswa pada prasiklus memperoleh rata-rata sebesar 60,81 dengan ketuntasan klasikal 45,45%, pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 62,72 dengan ketuntasan klasikal 63,63%, dansiklus II lebih meningkat menjadi 70,45dengan ketuntasan klasikal 81,81%. Hasil belajar IPS (ranah psikomotorik) pada siklus I memperoleh persentase78% dengan kualifikasi baik dan meningkat pada siklus II menjadi 91% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar IPS (ranah afektif) siklus I memperoleh persentase 70% dengan kualifikasi baik dan siklus II meningkat menjadi 80,7% dengan kualifikasi sangat baik. Keterampilan mengajar guru siklus I memperoleh total persentase 69% dengankualifikasibaik, siklus II meningkat menjadi 84,7% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Gamong Kaliwungu Kudus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, psikomotor dan afektif pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi serta dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa bisa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS dan hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakteristik siswa dan dapat merangsang siswa agar mau belajar. Bagi sekolah hendaknya memberikan kesempatan kepada guru-guru agar aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan guru, baik dari materi pelajaran maupun model pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Media Gambar Seri, Hasil Belajar, Perkembangan TeknologiPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi siswa kelas IV SD 1 GamongKaliwungu Kudus
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 08:24
Last Modified: 01 Jul 2016 08:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5550

Actions (login required)

View Item View Item