Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sd 3 Sadang

Adhi, Liya Santiko (2015) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Globalisasi Siswa Kelas Iv Sd 3 Sadang. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (614kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (306kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (550kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (139kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SDN 3 Sadang. Model pembelajaran Make a Match (membuat pasangan) merupakan salah satu jenis dari metode dalam pembelajaran kooperatif. Ciri utama model pembelajaran Make a Match adalah siswa diminta mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau pertanyaan materi tertentu dalam pembelajaran. Salah satu keunggulan teknil ini adalah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasan yang menyenangkan. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 3 Sadang Jekulo Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas adalah model Make a Match. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar antara siklus I (74,3%), dan siklus II (85%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar PKn siswa pada siklus I 67% (kurang baik), menjadi 87% (sangat baik) pada siklus II. Keterampilan guru dalam menggunakan model Make a Match juga mengalami peningkatan pada siklus I 81% (baik) menjadi 88% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Globalisasi kelas IV SD 3 Sadang Jekulo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Sadang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Globalisasi kelas IV SD 3 Sadang Jekulo Kudus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Make a Match, guru harus memberikan pembelajaran yang menarik agar siswa lebih semangat dalam menerima pembelajaran

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Hasil Belajar,PKn, Globalisasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 08:14
Last Modified: 01 Jul 2016 08:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5551

Actions (login required)

View Item View Item