Implementasi Model Groupinvestigation Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Kenampakan Pada Bumi Dan Benda Langit Kelas Iv Sd 5 Honggosoco Kudus

Badawi, Ahmad Khoiril (2015) Implementasi Model Groupinvestigation Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Kenampakan Pada Bumi Dan Benda Langit Kelas Iv Sd 5 Honggosoco Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1225Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (184Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (417Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (527Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1775Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (236Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (164Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (176Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (31Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Pemebelajaran IPA Yang Mencakup Tiga Aspek Hasil Belajar Siswa Danketerampilan Guru.Penelitian Ini Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation.Penerapannya Yakni Pada Materi Perubahan Kenampakan Pada Bumi Dan Benda Langit Pada Siswa Kelas IV SD 5 Honggosoco Kudus. Pembelajaran Merupakan Serangkaian Kegiatan Yang Disusun Guna Melancarkan Proses Belajar. Group Investigation Merupakan Model Pembelajaran Yang Mengajak Siswa Untuk Menginvestigasi Masalah Atau Kasus Lewat Diskusi Kelompok. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Di Kelas IV SD 5 Honggosoco Jekulo Kudus Dengan Subjek Penelitian 25 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus, Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap Yakni Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi.Variabel Bebas Adalah Model Pembelajaran Group Investigation.Sedangkan Variabel Terikat Adalah Pembelajaran IPA.Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkanterdapatpeningkatan Keterampilan Guru Dalam Penerapan Modelgroup Investigationpada Pembelajaran IPA Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (74,99%) Dengan Kategoribaik. Pada Siklus II (81,66%) Dengan Kategori Baik. Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV (Ranah Kognitif) Juga Mengalami Kenaikan, Pada Pra Siklus Sebesar 40%, Pada Siklus I Menjadi 68% (Baik), Pada Siklus II 88% (Sangat Baik), Yang Didukung Oleh Peningktan Ranah Afektif, Siklus I Mendapat 2,37 (Cukup Baik)Dan Siklus II Meningkat 3,24 (Baik)Dan Didukung Oleh Ranah Psikomotorik, Pada Siklus I Mendapat 2,36 (Cukup Baik) Dan Siklus II Meningkat 3,06 (Baik). Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SD 5 Honggosoco Dapat Disimpulkan Bahwa Implementasi Model Groupinvestigationdapat Meningkatkan Pembelajaran IPA Materi Perubahan Kenampakan Pada Bumi Dan Benda Langit Kelas IV SD 5 Honggosoco Kudus. Maka Dari Itu Dalam Pembelajaran IPA Guru Disarankan Menerapkan Model Groupinvestigationyang Dalam Penerapannya Memanfaatkan Media LCD Projektor Yang Sudah Ada Di Sekolah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Modelgroupinvestigation, Hasil Belajar IPA, Perubahan Kenampakan Pada Bumi Dan Benda Langit.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 01 Jul 2016 15:18
                    Last Modified: 01 Jul 2016 15:18
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5552

                    Actions (login required)

                    View Item