Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Manyargading

ISWANTI, DUWIK (2015) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas Iv Sdn 2 Manyargading. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (558kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (100kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (284kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (220kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (107kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (109kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (25MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Iswanti, Duwik. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas IV SDN 2 Manyargading. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd (2) Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Discovery Learning,Pecahan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar matematika dengan penerapan model discovery learning pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hasil belajar matematika merupakan perubahan prilaku pada diri seseorang dalam mengembangkan kemampuan matematikanya setelah melalui proses belajar mengajar, perubahannya tidak hanya pada satu aspek pengetahuan saja namun juga pada aspek sikap dan keterampilan. Model discovery learning merupakan model yang menekankan pada keterlibatan siswa untuk mengamati, mencerna, mengumpulkan data, menggolong-golongkan, membuat dugaan, pembuktian, dan membuat kesimpulan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Manyargading dengan subjek penelitian guru dan 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model discovery learning. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi, soal tes hasil belajar siswa, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif Hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru mengelola pembelajaran dengan penerapan model discovery learning pada siklus I ke siklus II, dari persentase 74.48% (baik) menjadi 87.50% (sangat baik). Hasil belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan. Diperoleh ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa pada siklus I ke siklus II dari persentase 66.67% (tinggi) menjadi 83.33% (sangat tinggi). Hasil belajar sikap siswa siklus I ke siklus II dari persentase 65.28% (baik) menjadi 81.25% (baik). Hasil belajar keterampilan siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II dengan persentase 72% (baik) menjadi 85% (sangat baik). Simpulan penelitian ini bahwa model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN 2 Manyargading. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model discovery learning lebih memperhatikan waktu dan memahami langkah-langkahnya sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan lebih maksimal dan siswa lebih aktif terlibat dalam pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Discovery Learning,Pecahan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 03:04
Last Modified: 02 Jul 2016 03:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item