Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dalam Pembelajaran Subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahkusiswa Kelas Iv Sd 2 Payaman

Rif’an, Mohamad (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dalam Pembelajaran Subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahkusiswa Kelas Iv Sd 2 Payaman. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
cover_depan.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
Bab_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran_lengkap.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Salah Satu Permasalahan Yang Di Alami Oleh Siswa Kelas IV SD 2 Payaman Kudus Yakni Rendahnya Hasil Belajar Matematika Dan IPA.Rendahnya Hasil Belajar Matematika Dan IPA Disebabkan Oleh Faktor Matematika Dan IPA Yang Dianggap Sebagai Pelajaran Yang Sulit Untuk Dipelajari Karena Materinya Yang Banyak Dan Bersifat Hafalan Sehingga Menjadikan Siswa Kurang Bersemangat Dan Malas Belajar. Proses Belajar Mengajar Yang Masih Bersifat Konvensional Sehingga Menyebabkan Siswa Menjadi Pasif. Berdasarkan Masalah Tersebut Maka Diadakan Perbaikan Dengan Menerapkan Model Pambelajaran Kooperatif Think Pair Share.Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Penerapan Model Pambelajaran Kooperatif Think Pair Share Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan IPA Siswa Kelas IV SD 2 Payaman Kudus. Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Shareadalah Pembelajaran Yang Dirancang Untuk Mempengaruhi Interaksi Siswa Agar Terjadi Variasi Pola Diskusi Dalam Kelas Yakni Yang Terdiri Dari Tahap Think (Berfikir) Yakni Siswa Diberi Kesempatan Individu Untuk Memecahkan Masalahnya, Tahap Pair (Berpasangan) Siswa Berpasangan Dengan Teman Sebangku Untuk Mencocokkan Hasil Jawaban Dalam Diskusi, Tahap Share (Berbagi) Setiap Kelompok Diskusi Berbagi Di Depan Kelas. Hasil Belajar Merupakan Hasil Yang Dicapai Dari Suatu Kegiatan Atau Usaha Yang Dapat Memberikan Kepuasan Emosional Dan Dapat Diukur Dengan Alat Evaluasi Tertentu (Tes).Hipotesis Tindakan Yang Diajukan Adalah Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Subtema Hewan Dan Tumbuhan Dilingkungan Rumahku Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas IV SD 2 Payaman Kudus. Subjek Penelitian Pada Siswa Kelas IV Yang Berjumlah 18 Siswa, Terdiri Atas 9 Siswa Laki-Laki Dan 9 Siswa Perempuan.Penelitian Ini Menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Yang Dilakukan Selama 2 Siklus.Setiap Siklusnya Dilakukan Selama 2 Kali Pertemuan.Prosedur Penelitian Masing-Masing Siklus Dilakukan Melalui Empat Tahap Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Dan Refleksi.Data Sikap Siswa, Keterampilan Siswa Dan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Didapat Melalui Lembar Observasi, Sedangkan Data Hasil Belajar Siswa Diperoleh Melalui Tes Pilihan Ganda. Hasil Yang Diperoleh Dari Penelitian Tindakan Kelas Ini Meliputi Hasil Belajar Dengan Persentase Siklus I Muatan Matematika Sebesar 72,2% Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Menjadi 83,3% Dan Pada Persentase Siklus I Muatan IPA Sebesar 66,6 % Dan Mengalami Peningkatan Pada Siklus II Menjadi 77,7%. Adapun Sikap Siswa Diperoleh 74,02% Pada Siklus I Dengan Kriteria Baik Dan Meningkat Menjadi 75,94 Pada Siklus II Dengan Kriteria Baik. Keterampilan Siswa Diperoleh 77% Pada Siklus 1 Dengan Kriteria Baik Dan Meningkat Menjadi 85,4% Dengan Kriteria Baik. Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Diperoleh 71,9% Dengan Kriteria Baik Pada Siklus I Dan Meningkat Menjadi 81,9% Dengan Kriteria Baik Pada Siklus II. Berdasarkan Hasil Tersebut Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Sharedapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Subtema Hewan Dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Muatan Matematika Dan IPA Kelas IV SD 2 Payaman Kudus. Adapun Saran Yang Diberikan Yaitu Hendaknya Siswa Dapat Lebih Aktif Dalam Mengikuti Pembelajaran Serta Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Sharedapat Dijadikan Alternatif Solusi Bagi Guru Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing:Drs. Sabar Rutoto, M.Pd
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Matematika, Ipa.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Jul 2016 03:20
Last Modified: 02 Jul 2016 03:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item