Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Di Sd 2 Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

MULIANA, ERIESTA (2015) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Di Sd 2 Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (283kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (494kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (661kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (694kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (125kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (181kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (25MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Muliana, Eriesta. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV di SD 2 Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (I) Drs. Masturi, M.M (II) Yuni Ratnasari, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit, (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA, dan (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas IV di SD 2 Terban kecamatan Jekulo kabupaten Kudus. Pembelajaran kooperatif tipe think pair share terdiri dari tiga tahapan. Tahap pertama, think yaitu siswa memikirkan suatu jawaban dari permasalahan yang diberikan oleh guru secara mandiri. Tahap kedua, pair yaitu siswa berpasangan (kelompok 2 orang) untuk mendiskusikan jawaban dari permasalahan yang telah dipikirkan sebelumnya. Tahap ketiga, share yaitu siswa mengemukakan hasil diskusinya kepada seluruh kelas. Hasil belajar siswa merupakan perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Aktivitas belajar siswa berhubungan dengan segala kegiatan siswa dalam belajar yang melibatkan fisik/ jasmani maupun mental/ rohani. Keterampilan guru yang dimaksud adalah kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas IV di SD 2 Terban kecamatan Jekulo kabupaten Kudus dengan jumlah subjek penelitian adalah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share menunjukkan adanya perkembangan ketuntasan belajar klasikal materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit yang signifikan dari pra siklus 35%, siklus I sebesar 65%, dan siklus II mencapai 85% dalam hasil belajar IPA ranah kognitif. Hasil belajar IPA ranah afektif mengalami perkembangan persentase pencapaian indikator dari siklus I mencapai 69,24% dengan kriteria “baik” menjadi 84,07% dengan kriteria “baik” pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotorik mengalami perkembangan persentase pencapaian indikator dari siklus I mencapai 70,32% dengan kriteria “baik” menjadi 85,49% dengan kriteria “sangat baik” pada siklus II. Aktivitas belajar mengalami perkembangan persentase pencapaian indikator dari siklus I mencapai 70,62% dengan kriteria “baik” menjadi 86,2% dengan kriteria “sangat baik” pada siklus II. Keterampilan guru mengelola pembelajaran mengalami perkembangan persentase pencapaian indikator dari siklus I mencapai 74,48% dengan kriteria “baik” menjadi 87,5% dengan kriteria “sangat baik” pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar IPA, aktivitas belajar IPA, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran kelas IV di SD 2 Terban kecamatan Jekulo kabupaten Kudus meningkat. Penulis menyarankan hendaknya siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan kerjasama saat mengerjakan tugas yang bersifat kelompok, guru lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran seperti model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dan peneliti selanjutnya dapat selalu mengembangkan wawasan untuk peningkatan hasil belajar siswa terutama yang berkaitan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran IPA dengan materi yang bersifat sederhana.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, M.M
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar IPA.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 03:30
Last Modified: 02 Jul 2016 03:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item