Penerapanan Model Problem Based Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajarsubtema Indonesiaku Bangsa Yang Kaya Muatan Ipa Dan Bahasa Indonesia

ALIMAH, MIFTAKHUL (2015) Penerapanan Model Problem Based Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajarsubtema Indonesiaku Bangsa Yang Kaya Muatan Ipa Dan Bahasa Indonesia. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (206kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (573kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (343kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (751kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (126kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Miftakhul,Alimah 2015.Model Problem Based Learning UntukPeningkatanHasilBelajarSubtemaIndonesiakuBangsa Yang Kaya Muatan IPA Dan Bahasa Indonesian Skripsi. Pendidikan Guru SekolahDasarFakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasMuriaKudus.Pembimbing (I) Drs.Moh.Kanzunnudin,M.Pd. (II) YuniRatnasari,S.Si.,M.Pd. Kata kunci: HasilBelajar, Model Problem Based Learning, IPA, Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahya hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Kandangmas dalam mengikuti pembelajaran tematik. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode mengajar yang bersifat konvensional. pembelajaran yang demikian menyebabkan kurangnya minat siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil Ulangan Harian dengan ketuntasan belajar pada muatan IPA sebesar 6 siswa (42,84%) sedangkan pada muatan Bhasa Indonesia hanya sebesar 5 siswa (35,78,%). Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran roblem based learning. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan guru pada pembelajaran subtema pekerjaan orang tuaku muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar dan keterampilan guru dalam penerapan pembelajaran model pembelajaran problem based leerning pada pembelajaran subtema Indonesiaku bangsa yang kaya muatan IPA dan Bahasa Indonesia Subjekpenelitianberjumlah 14 siswa, terdiriatas 5 siswalaki-lakidan 9 siswaperempuan.PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelasyang dilakukanselama2 siklus.Setiapsiklusnyadilakukanselama 3 kali pertemuan.Prosedurpenelitianmasing-masingsiklusdilakukanmelaluiempattahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Data sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan siswa, keterampilan siswa dan guru. Hasil yang diperolehdaripenelitiantindakankelasinimeliputihasilbelajardenganpersentasesiklus I muatan IPA sebesar 71,4% danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 85,7% danpadapersentasesiklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 42,48% danmengalamipeningkatanpadasiklus II menjadi 71,00%. Adapunsikap spiritual diperoleh pertemuan 1 84,78%, pertemuan 2 63,20% dan petemuan 3 78,26%padasiklus I dengancriteria cukup danmeningkatmenjadi pertemuan 1 64,28%, pertemuan 2 78,50% dan pertemuan 3 71,47% padasiklus II dengancriteriabaik. Sikap spiritual diperoleh pertemuan 1 84,75%, pertemuan 2 74,44% dan pertemuan 3 84,75% padasiklus 1 dengancriteria cukup danmeningkatmenjadi pertemuan 1 62,28%, pertemuan 2 92,85% dan pertemuan 3 78,58% dengancriteriabaik pada siklus II. Pengetahuan diperoleh IPA tuntas 71,4%, Bahasa Indonesia 35,7% padasiklus I danmeningkatmenjadi IPA tuntas 86%, Bahasa Indonesia71% padasiklus II.Ketrampilan siswa 2,00 dengan kriteria cukup pada siklus I dan meningkat 3,40 dengan kriteria baik pada siklus II. Ketrampilan guru 2,53% pada siklus I dan meningkat 2,83% pada siklus II. Berdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapan model Problem Based Learning dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadasubtema Indonesiaku bangsa yang kaya muatan IPA dan Bahasa Indonesia kelas IV SD 1 Kandangmas. Adapun saran yang diberikanyaitu lebih mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran serta didukung oleh semangat siswa dalam belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa maksimal

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: HasilBelajar, Model Problem Based Learning, IPA, Bahasa Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 03:50
Last Modified: 02 Jul 2016 03:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5573

Actions (login required)

View Item View Item