Peningkatan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Example Non Example Di Sdn 01 Margorejo, Pati

WIBOWO, SUSATYA FERRY (2015) Peningkatan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Example Non Example Di Sdn 01 Margorejo, Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (431Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (262Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (408Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (409Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (4Mb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (338Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (244Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (245Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Wibowo, Susatya Ferry. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam melalui Penerapan Model Example Non Example dengan Praktik pada Siswa Kelas IV SDN 01 Margorejo, Pati Tahun 2014/ 2015. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (1) Drs. Masturi, MM. (2) Khamdun, S.Pd. M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, IPA, Model Example Non Example Dengan Praktik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan guru pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam di kelas IV SDN 01 Margorejo, Pati setelah penerapan model example non example dengan praktik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 01 Margorejo, Pati dengan subjek penelitian adalah 28 siswa kelas IV. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model example non example dengan praktik. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 01 Margorejo, Pati. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPA pada materi sumber daya alam yang cukup signifikan antara ketuntasan hasil belajar kondisi awal (28,58%), siklus I (53,57%), dan siklus II (85,71%). Pada aspek afektif di siklus I pertemuan 1 persentase 50% dengan skala penilaian baik dan pada siklus I pertemuan 2 persentase 60,71% dengan skala penilaian baik dan pada siklus II pertemuan 1 persentase 78,57% dengan skala penilaian baik dan pada siklus II pertemuan 2 persentase 85,71% dengan skala penilaian baik serta pada aspek psikomotorik di siklus I pertemuan 1 persentase mencapai 46,42% dengan kualifikasi baik dan pada siklus I pertemuan 2 persentase 53,57% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II pertemuan 1 persentase 78,57% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II pertemuan 2 persentase 82,14% dengan kualifikasi baik. Keterampilan mengajar guru dengan menggunakan model example non example dengan praktik mengalami peningkatan dari skor rata-rata siklus I pertemuan 1 yaitu 2,05 (cukup baik) menjadi 2,1 (cukup baik) pada pertemuan 2. Sedangkan skor rata- rata siklus II pertemuan 1 yaitu 2,58 (Baik) menjadi 3,33 (sangat baik) pada pertemuan 2. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran example non example dengan praktik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 01 Margorejo, Pati. Untuk itu diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran example non example dengan praktik sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang optimal dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar siswa agar selalu optimal.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Masturi, MM
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPA, Model Example Non Example Dengan Praktik.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 02 Jul 2016 11:58
                    Last Modified: 02 Jul 2016 11:58
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5578

                    Actions (login required)

                    View Item