Penerapan Model Examples Non Examples Pada Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas Iv Sd 3 Temulus Kudus

Khasanah, Inafat (2016) Penerapan Model Examples Non Examples Pada Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas Iv Sd 3 Temulus Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (457kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran examples non examples dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan kelas IV SD 3 Temulus Mejobo Kudus. Hasil belajar merupakan nilai dari proses belajar yang telah dicapai oleh siswa dengan kriteria tertentu.Hasil belajar siswa pada dasarnya adalah perubahan perilaku pada diri siswa atau tingkatan kemampuan siswa baik itu perubahan perilaku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik.Model pembelajaran examples non examples merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran. Strategi ini bertujuan mendorong siswa untuk belajar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang termuat dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 3 Temulus Mejobo Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model examples non examples. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai prestasi belajar bahasa Indonesia materi keterampilan menulis karangan narasi yang cukup signifikan antara siklus I (62%), dan siklus II (93%), didukung dengan aktivitas belajar bahasa Indonesia siswa pada siklus I (72,06%) menjadi (80,42%) katagori baik pada siklus II. Pengelolaan pembelajaran model examples non examples uga mengalami peningkatan pada siklus I (77,08%) menjadi(90,27%) kategori sangat baik pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa model examples non examples dapat meningkatakan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD 3 Temulus.; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Temulus dapat disimpulkan bahwa penggunaan model examples non examples dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD 3 Temulus. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model examples non examples, guru harus lebih bisa memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran dengan melakukan bimbingan secara intensif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Examples Non Examples,Hasil Belajar, Menulis Karangan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Jul 2016 07:25
Last Modified: 02 Jul 2016 07:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item