Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD 2 Temulus Kec. Mejobo, Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012

Fachroni, Afif (2012) Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD 2 Temulus Kec. Mejobo, Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Halaman Judul) - Accepted Version
Download (1175Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (228Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1005Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (786Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (937Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (192Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (115Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (44Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (939Kb) | Request a copy
                    [img] Microsoft PowerPoint (Presentasi ) - Accepted Version
                    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                    Download (2273Kb) | Request a copy

                      Abstrak

                      Penelitian ini di latar belakangi karena pada mata pelajaran bahasa Indonesia ada beberapa siswa kelas V SD 2 temulus masih mengalami kesulitan, sehingga nilai prestasi belajar bahasa Indonesia masih rendah atau dibawah KKM yaitu 67. Rumusan masalah Apakah layanan penguasaan konten dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia pada siswa kelas V SD 02 Temulus, Kec. Mejobo, Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012”. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia sebelum dan sesudah melaksanakan layanan penguasaan konten pada siswa kelas V SD 02 Temulus, Kec. Mejobo, Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Dan Meningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia melalui layanan penguasaan konten siswa kelas V SD 02 Temulus, Kec. Mejobo, Kab. Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun kegunaan penelitian ini adalah 1. Kegunaan teoritis: Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam pengembangan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia melalui layanan penguasaan konten. 2. Kegunaan praktis: a. Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan alternatif dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia dan dengan adanya penelitian ini, diharapkan sekolah menyediakan sarana dan prasarana guna mendukung kegiatan layanan penguasaan konten. b. Guru kelas, Guru dapat menerapkan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia pada siswa kelas V SD dan Guru dapat berkembang secara profesional, karena dapat menilai dan memperbaiki pembelajaran. c. Peneliti, Layanan penguasaan konten dapat menjadi masukan bagi peneliti dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia. Subjek penelitian ini ada 5 siswa. Variabel penelitian meliputi variabel X (layanan penguasaan konten) dan variabel Y (prestasi belajar bahasa indonesia). Sifat penelitian ini yaitu kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi bertujuan untuk mengamati orang-orang yang terlibat dalam aktivitas, makana kejadian dilihat dan perspektif mereka terlibat dalam kejadian yang diamati tersebut. Dan dokumentasi bertujuan untuk memperoleh data tentang seorang individu/kelompok belajar yang dianalisis dan digunakan utuk memeberikan bantuan kepada individu tersebut. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama yaitu dengan memberikan materi tentang cara mengatur waktu belajar dan metode yang digunakan ceramah dan tanya jawab. Pada pertemuan pertama memperoleh hasil rata-rata 10,6 atau 42,4% dan pertemuan kedua memperoleh hasil 11,8 atau 47,2%, terjadi peningkatan 1,2 atau 4,8%. Pada siklus II pertemuan pertama dengan memberikan materi tentang belajar efektif dan lebih menekankan metode tanya jawab. Pada petemuan pertama memperoleh hasil rata-rata 15 atau 60% dan pertemuan kedua memperoleh hasil 16,4 atau 65,6% terjadi peningkatan sebesar 1,4 atau 5,6%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa prestasi belajar bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui penerapan layanan penguasaan konten. Saran yang diajukan kepada: 1) kepala sekolah dasar sebagai figur yang memiliki otoritas dalam memberdayakan sumber daya guru yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. 2) Guru kelas, Perlunya pendekatan high-touch dan high-tech dalam kegiatan belajar mengajar, supaya siswa merasa nyaman dan rileks sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 3) siswa, Dalam pelaksanaan layanan penguasaan konten siswa saling membantu, kasih sayang dengan teman, berdiskusi dan menghargai adanya perbedaan pendapat. 4) Guru Pembimbing, Hendaknya mampu membimbing siswa agar mau dan senang dalam belajar. Dan diharapkan dapat membuat siswa merasa mendapat dukungan, membuat siswa merasa bertanggung jawab dan mendidik siswa untuk mencapai tujuan yang realistis.

                      Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                      Additional Information: Dosen Pembimbing I Drs. Sucipto, M.Pd, Kons. Dosen Pembimbing II Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
                      Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dan Layanan Penguasaan Konten
                      Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                      Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
                      Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                      Depositing User: Users 2 tidak ditemukan.
                      Tanggal Deposit: 10 Dec 2012 11:11
                      Last Modified: 10 Dec 2012 11:11
                      URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/559

                      Actions (login required)

                      View Item