Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Permainan Tradisional Siswa Kelas Iv Sd 5 Karangbener

NIKMAH, SITI ULFATUN (2016) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Permainan Tradisional Siswa Kelas Iv Sd 5 Karangbener. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal.Judul) - Accepted Version
Download (533Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (201Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (439Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (540Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (3025Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (211Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (106Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (183Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (8Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika, aktivitas siswa dan keterampilan guru melalui model pembelajaran kontekstual berbantuan permaianan tradisional materi jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV SD 5 Karangbener. Pemahaman konsep matematika merupakan aspek yang sangat penting untuk siswa dapat mengaplikasikan konsep yang dipelajarinya dalam pemecahan masalah secara luwes, akurat, efisien. Model pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dan situasi dunia nyata siswa serta mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Permainan tradisional adalah permainan rakyat yang dimainkan oleh anak-anak yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa, fisik, dan mental anak.Permainan tradisional yang digunakan peneliti adalah permaianan engklek. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 5 karangbener dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran kontekstual berbantuan permainan tradisional. Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika. Teknik pengumpilan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai pemahaman konsep matematika siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok yang cukup signifikan antara siklus I (63%), dan siklus II (88,9%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajae matematika siswa pada siklus I 2,4 (baik) menjadi 2,99 (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model pembelajaran kontekstual berbantuan permainan tradisional juga mengalami peningkatan pada siklus I 3,18 (baik) menjadi 3,65 (sangat baik). Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan permainan tradisional dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV di SD 5 Karangbener. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV di SD 5 Karangbener dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbantuan permainan tradisional dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika, aktivitas siswa dan keterampilan gurumateri jaring-jaring kubus dan balok siswa kelas IV di SD 5 Karangbener. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model pembelajaran kontekstual menggunakan permainan tradisional dan melibatkan siswa dalam penggunaannya untuk memudahkan siswa memahami masalah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: :Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Kontekstual, Permainan Tradisional
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 19 Jul 2016 09:16
                    Last Modified: 19 Jul 2016 09:16
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5629

                    Actions (login required)

                    View Item