Optimalisasi Perangkat Kelurahan Dalam Rangka Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kelurahan Kajeksan Di Kabupaten Kudus

Muriawan, Adji (2015) Optimalisasi Perangkat Kelurahan Dalam Rangka Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Kelurahan Kajeksan Di Kabupaten Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (186kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (320kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (161kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (238kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (106kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (182kB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Skripsi yang berjudul “OPTIMALISASI PERANGKAT KELURAHAN DALAM RANGKA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA KELURAHAN KAJEKSAN DI KABUPATEN KUDUS” ini bertujuan untuk Mengetahui pelaksanaan pelayanan di Kelurahan Kajeksan Kabupaten Kudus, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Kelurahan Kajeksan Kabupaten Kudus, mengetahui langkah mengoptimalisasi pelayanan publik di Kelurahan Kajeksan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan data sekunder. Setelah diperoleh data, maka disusun. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dan diambil kesimpulan atas data yang berhasil dikumpulkan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan di kelurahan Kajeksan Kabupaten Kudus belum optimal, masih terdapat standar yang belum terpenuhi antara lain standar waktu, standar biaya dan kejelasan penyelesaian pelayanan publik dalam administrasi kependudukan. Standar pelayanan yang sudah terpenuhi di kelurahan Kajeksanyakni standar prosedur. Hambatan dalam pelaksanaan pelayanan publik di kelurahan Kajeksan antara lain waga kurang faham dengan administrasi kependudukan, kurangnya personil perangkat kelurahan, rendahnya sumber daya manusia, kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, adanya gangguan peralatan. Cara untuk mengoptimalisasi perangkat kelurahan dalam pelayanan publik antara lain adalah peningkatan sumber daya manusia, peningkatan sarana dan prasarana, penambahan personil, menerapkan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dalam pelayanan. Perangkat kelurahan sebaiknya memasang pengumuman tentang persyaratan/ dokumen apayang harus dibawa, waktu dan biaya pelayanan administrasi kependudukan, sehingga tercipta pelayanan public administrasi kependudukan yang transparan, mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya administrasi kependudukan kepada warga masyarakat tentang persyaratan, prosedur pembuatan KTP, akte kelahiran, akte kematian, akta nikah/cerai, Kartu Keluarga, surat keterangan pindah, dan perangkat di kelurahan Kajeksan agar pelayanan publik dapat terlaksana dengan baik dan lancar, perlu adanya perbaikan atau penambahan sarana dan prasarana, perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan jalan diikutsertakan dalam kegiatan pelatihan, perlu adanya perombakan sistem pelayanan dengan berpedoman pada 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun).

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Sumono, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Kelurahan Kajeksan
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 21 Jul 2016 06:48
Last Modified: 21 Jul 2016 06:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item View Item