Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Interaktif Materi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Padasiswa Kelas Vsdn 3 Jepang

FADLILAH, RIZKY NURUL (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Interaktif Materi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Padasiswa Kelas Vsdn 3 Jepang. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Cover) - Accepted Version
Download (501Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (188Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (290Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (497Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2282Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (208Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (97Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (99Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (16Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa menggunakan model Course Review Horay berbantuan multimedia interaktif materi sejarah kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 3 Jepang. Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi belajar mengajar dimana guru akan melakukan proses evaluasi hasil belajar. Model Course Review Horay merupakan model pembelajaran yang menciptakan suasana belajar di kelas menjadi meriah dan menyenangkan. Multimedia interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model Course Review Horay berbantuan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar IPS materi sejarah kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SDN 3 Jepang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 3 Jepang dengan subjek 30 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Course Review Horay berbantuan multimedia interaktif, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS materi sejarah kemerdekaan Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tes berupa tes tertulis pilihan ganda. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar ranah kognitif pada siklus I memperoleh rata-rata kelas sebesar 69,14 dengan persentase klasikal sebesar 75,86% (Baik),dan meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata kelas sebesar 83,97 dengan persentase klasikal sebesar 89,66% (Baik Sekali). Hasil belajar ranah afektif pada siklus I memperoleh rata-rata 70,165% (Baik), kemudian meningkat pada siklus II sebesar 74,05% (Baik). Hasil belajar ranah psikomotorik siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 64,36% (Cukup) dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh rata-rata sebesar 76,36% (Baik). Hasil observasi keterampilan guru pada siklus I sebesar 64,11% (Baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 68,945% (Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay berbantuan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar IPS materi sejarah kemerdekaan Indonesia pada kelas V SDN 3 Jepang. Adapun saran yang diberikan peneliti yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model Course Review Horay berbantuan multimedia interaktif sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Dr.Murtono, M.Pd.,
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Course Review Horay, Multimedia Interaktif
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Jul 2016 10:38
                    Last Modified: 27 Jul 2016 10:38
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5740

                    Actions (login required)

                    View Item