The Use Of Secret Message Game To Improve Thestudents’ Vocabulary Mastery (A Classroom Action Research For The Fifth Grade Students Of Sd 1 Prambatan Kidul Kudus In Academic Year 2014/2015)

Setyani, Arsita (2015) The Use Of Secret Message Game To Improve Thestudents’ Vocabulary Mastery (A Classroom Action Research For The Fifth Grade Students Of Sd 1 Prambatan Kidul Kudus In Academic Year 2014/2015). Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (3309Kb)
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (2743Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (2743Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (2743Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2743Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (2743Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (2743Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (2743Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2744Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Kosakata (vocabulary) merupakan aspek dasar yang digunakan untuk menguraikan suatu pemikiran atau ide, karena siswa dapat menguraikan pemikirannya dalam kalimat melalui kosakata.Faktanya, banyak orang yang beranggapan bahwa mengajar kosakata adalah sulit.Itu disebabkan karena dalam process pembelajaran hanya mengunakan pembelajaran yang berpusat pada guru.Keterlibatan siswa kurang diterapkan dalam process pembelajaran. Disisi lain, guru juga terbatas dalam penggunaan tehnik baru dalam pembelajaran kosatkata Bahasa inggris. Kondisi tersebut juga terjadi di SD 1 Prambatan Kidul Kudus.Disamping itu siswa juga masih kesulitan dalam belajar kosakata Bahasa inggris dan memiliki kesulitan untuk menghafal kosakata dan memahami artinya.Kesalahan umum ditemukan saat siswa diminta untuk memenuhi kalimat tidak lengkap dan menyusun ulang huruf menjadi kata-kata, Dan juga menyusun kata-kata menjadi kalimat. Guru perlu memilih dan menggunakan permainan bahasa tertentu untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Salah satu game yang dapat digunakan dalam pengajaran kosakata adalah permainan Pesan Rahasia. Dalam permaiann ini siswa merasa enjoy dan nyaman tanpa beban dalam belajar bahasa inggris. Melalui Permaian Pesan Rahasia, para siswa menemukan kemudahan untuk memahami dan menghafal kosakata yang telah diajarkan. Setelah menganalisa permasalahan yang ada, peneliti menyarankan menggunakan secret message game untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kosakata Bahasa inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bahwa secret message game dapat meningkatkan pemahaman kosakata Bahasa inggris siswa kelas V SD 1 Prambatan Kidul Kudus tahun ajaran 2014/2015 ynag berdasarkan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa dikelas lima SD 1 Prambatan Kidul Kudus pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 19 siswa. Saya menggunakan dua instrument penelitian.Yaitu lembar observasi dan tes penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan disetiap siklus pertama.Penerapan teknik Secret Message Game menjadikan siswa lebih tertarik untuk belajar kosakata Bahasa Inggris.Pada siklus I, mereka tidak menikamati berbagai kegiatan didalam kelas.Sedangkan pada siklus II, mereka menjadi antusias untuk mengikuti berbagai kegiatan tersebut.Kedua, kemampuan penguasaan kosakata siswa telah meningkat.Hal ini dapat dilihat pada hasil dari siklus I, nilai rata-rata peguasaan kosakata Bahasa inggris siswa mencapai 77.89%.dikategorikan baik dengan menunjukkan 84.21% (16 siswa) telah mencapai Kreteria Ketuntasan Minimum (KKM), sedangkan 15.79% (3 siswa) belum mencapai KKM. Pada siklus 2, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menadi 87.89% dan dikategorikan unggul, hal tersebut terlihat sebesar 94.73% (18 siswa) telah mencapai KKM sedangkan 5.27% (1 siswa) belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa Secret Message Game dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di kelas lima SD 1 Prambatan Kidul Kudus pada tahun ajaran 2014/2015. Oleh karena itu, teknik ini dapat digunakan oleh guru Bahasa Inggris maupun peneliti lain untuk mengajar penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing; Dra. Sri Endang Kusmaryati, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Secret Message Game, Penguasaan Kosakata, penelitian tindakan kelas
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Jul 2016 11:18
                    Last Modified: 27 Jul 2016 11:18
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5748

                    Actions (login required)

                    View Item