Peningkatan Keterampilan Berbicara Model Role Playing Materi Drama Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Ngasem Jepara

ISKANDAR, PUGUH ARDIANTO (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Model Role Playing Materi Drama Pada Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Ngasem Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (911Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (61Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (146Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (155Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (4Mb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (67Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (50Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (69Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam materi drama dengan diterapkannya model role playing pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ngasem Jepara. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan seseorang untuk mengucapkan bunyi-bunyi atau kata untuk menyampaikan pesan maupun kehendak seseorang terhadap orang lain. Model role playing merupakan model pembelajaran yang membantu peserta didik dalam mengembangkan imajinasi-imajinasi dan penghayatan. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran bermain peran dan model pembelajaran ini merupakan simulasi yang untuk mengkreasi peristiwa sejarah, mengkreasi peristiwa-peristiwa aktual atau kejadian-kejadian yang mungkin muncul pada masa mendatang. Model role playing dapat meningkatkan hasil belajar, membantu guru menyampaikan pembelajaran menjadi lebih bermanfaat sehingga guru lebih terampil dalam mengelola pembelajaran. Sehingga siswa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Adapun indikator dalam bermain peran yakni pelafalan, intonasi, jeda dan ekspresi yang tepat sesuai dengan peran yang didapat. Hipotesis tindakan yang diajukan yakni terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru melalui model role playing dalam materi drama pada siswa kelas V SD Negeri 1 Ngasem Jepara. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan meliputi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi tes performance dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan nilai keterampilan berbicara pada pelajaran Bahasa Indonesia materi drama pada siklus I (44%) dan siklus II (78%), peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 66,25% (cukup) dan siklus II sebesar 80,3% (baik), dan peningkatan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I sebesar 73,5% (baik) menjadi 85,2 (sangat baik) pada siklus II. Hal itu membuktikan bahwa terjadinya peningkatan keterampilan berbicara model role playing materi drama pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Ngasem Jepara. Simpulan penelitian yakni, model role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Untuk itu disarankan dalam peningkatan keterampilan berbicara model role playing, guru hendaknya mengarahkan siswa agar dapat bermain peran dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sesuai dengan peran yang didapat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Kanzunudin, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: speaking skills, role playing, and drama.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Jul 2016 11:36
                    Last Modified: 27 Jul 2016 11:36
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5753

                    Actions (login required)

                    View Item