The Implementation Of Bilingualism Program In Yanbu’ul Quran Islamic Boarding School Menawan Gebog Kudus In Academic Year 2014/2015

-, Jatmiko (2015) The Implementation Of Bilingualism Program In Yanbu’ul Quran Islamic Boarding School Menawan Gebog Kudus In Academic Year 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (796Kb)
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (237Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (377Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (271Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (337Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (208Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (142Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (288Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (349Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Sebagai bahasa asing di indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab sangat penting sekali untuk beberapa situasi tertentu. Pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab sebagai bahasa asing yang harus dikuasai oleh siswa kususnya kecakapan dalam berbicara. Karena kemampuan dalam berbicara dapat meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi. Sehingga mereka dapat mengungkapkan dan belajar bagaimana beradaptasi dengan lingkungan sosial dan budaya dengan cara yang komunikatif sesuai dengan keadaan lingkungannya. Berbicara adalah kemampuan untuk mengungkapkan ide dengan kata-kata atau kalimat untuk berkomunikasi. Dan realita yang ada pada pembelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab sekarang sudah menjadi ujian akhir untuk beberapa sekolah. Tetapi setelah pelajar lulus pada ujian akhir, sedikit sekali dari mereka yang menguasai untuk berbicara dalam bahasa tersebut. Salah satu program untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menerapkan program bilingualism untuk mendukung suksesnya dunia pendidikan. Dalam penelitian ini saya menjelaskan penerapan program Bilingualism pada pondok pesantren Yanbu’ul Qur’an Gebog Kudus pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah ; (i) untuk menjelaskan penerapan program Bilingualism pada pondok pesantren Yanbu’ul Qur’an Gebog Kudus pada Tahun Pelajaran 2014/2015. (ii) Untuk mencari masalah yang dihadapi dalam penerapan program Bilingualism pada pondok pesantren Yanbu’ul Qur’an Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berbentuk Deskriptive. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs pondok pesantren Yanbu’ul Qur’an Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrument yang digunakan adalah observasi dan interview. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (i) penerapan program Bilingualism pada pondok pesantren Yanbu’ul Qur’an Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Dikategorikan menjadi dua yaitu antara siswa ke siswa dan siswa ke guru. Data menunjukkan bahwa penerapan Program Bilingualism di dalam pondok pesantren adalah baik, tapi ketika diluar pesantren penerapannya kurang baik, sedangkan penerapan Program Bilingualism dari siswa ke guru penerapannya adalah kurang baik. (ii) kesulitan yang dihadapi oleh siswa MTs pondok pesantren Yanbu’ul Qur’an Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014/201 menunjukkan bahwa kebanyakan siswa memiliki kesulitan ketika mereka melafalkan kosakata baru dalam pelafalan yang benar. Dan ketika mereka berbicara dengan guru yang masih belum menguasai dua bahasa tersebut Siswa harus memiliki kesadaran untuk berbicara bahasa Inggris dan bahasa Arab kususnya ketika berada di lingkungan pondok pesantren baik tanpa adanya guru ataupun aturan. Sangat penting mereka mendeklarasikan untuk menghilangkan rasa sembrono dalam penerapan program Bilingualism. Guru harus memberikan contoh yang baik dalam penerapan bilingualism program di Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an pada kususnya dilingkungan pondok pesantren untuk berbicara bahasa Inggris dan bahasa Arab dengan semua kebiasaan yang sudah diterapkan. Dan pada akhirnya siswa-siswa dapat menguasai kedua bahasa tersebut

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing; Rismiyanto, SS, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Bilingualism, Pondok Pesantren, Penerapan
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 27 Jul 2016 13:01
                    Last Modified: 27 Jul 2016 13:01
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5757

                    Actions (login required)

                    View Item