The Reading Comprehension Of The Tenth Grade Students Of Smk Wisudha Karya Kudus In 2015/2016 Academic Year Taught By Using Generating Interaction Between Schemata And Text (Gist) Strategy

AGUSTINA, RITA (2016) The Reading Comprehension Of The Tenth Grade Students Of Smk Wisudha Karya Kudus In 2015/2016 Academic Year Taught By Using Generating Interaction Between Schemata And Text (Gist) Strategy. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (456kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (203kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (193kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (195kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pemahaman membaca adalah suatu proses berfikir memahami konten dari teks dengan benar. Di SMK Wisudha Karya Kudus, siswa kelas X terlihat tidak tertarik selama proses belajar mengajar. Mereka terlihat susah dan mendapat kesulitan dalam memahami sebuah teks. Itulah sebabnya mereka tidak aktif dan tidak dapat menjawab pertanyaan dari guru.Hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi penulis yang menemukan bahwa nilai siswa di bawah KKM.Untuk mengatasi kondisi ini, Generating Interaction between Schemata and Text (GIST) Strategy diharapkan dapat diterapkan dalam pengajaran pemahaman membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakaha ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman membaca siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus pada tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah diajar menggunakan Generating Interaction between Schemata and Text (GIST) Strategy. Desain dari penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan grup tunggal pre-test dan post-test.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2015/2016. Penulis menggunakan teknik cluster random sampling untuk mengambil sample dan mendapatkan kelas X TKN 1 sebagai sample dengan jumlah siswa 27. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes.Penulis menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pada pre-test adalah 45 dan standar deviasi 16,02. Sedangkan nilai rata-rata pada post-test adalah 73 dan standar deviasi 8,6. Berdasarkan dari hitungan t-test, hasilnya menunjukkan t-obtain (to) 7.80 dengan level signifikan (α) 0.05, the degree of dreedom (df) 26, and t-table (tt) ± 2.056. Oleh karena itu, penulis menolah null hipotesis (H0) dan menerima alternatif hipotesis (Ha) karena t-obtain (to) jatuh pada wilayah kritis. Setelah melakukan penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Generating Interaction between Schemata and Text (GIST) Strategy efektif untuk diterapkan dalam pengajaran pemahaman membaca siswa kelas X SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2015/2016.Penulis menyarankan, guru Bahasa Inggris dapat menggunakan strategi ini untuk membuat siswa mempunyai ingatan yang panjang dalam pemahaman sebuah teks. Penulis juga menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menerapkan Generating Interaction between Schemata and Text (GIST) Strategy di ketrampilan Bahasa Inggris yang lain.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Suprihadi, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Membaca dan Generating Interaction between Schemata and Text (GIST) Strategy.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 27 Jul 2016 06:21
Last Modified: 27 Jul 2016 06:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5760

Actions (login required)

View Item View Item