The Effect Of Partial Dictation On The Listening Comprehension Ability Of The Eleventh Grade Students Of Ma Sultan Hadlirin Jepara In Academic Year 2015/2016

Jannah, Fitria Hidayatul (2015) The Effect Of Partial Dictation On The Listening Comprehension Ability Of The Eleventh Grade Students Of Ma Sultan Hadlirin Jepara In Academic Year 2015/2016. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (348kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
CHAPTER_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version

Download (226kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Mendengarkan adalah salah satu bahasa penting. Kenyataannya, guru bahsa inggris di MA Sultan hadlirin jepara menyatakan bahwa siswa kelas sebelas masih mempunyai kesulitan dalam mendengarkan. Mereka kesulitan dengan apa yang mereka dengar ketika proses belajar mendengarkan berlangsung, dan siswa tidak mengerti isi dalam percakapan. Karna alasan tersebut, penulis ingin menggunakan teknik yang menarik dalam pengajar mendengarkan, teknik yang digunakan adalah pendektean sebagian. Pendektean sebagian adalah teknik dengan mengisi bagian yang kosong dari sebuah teks. Pendektean sebagian dapat menjadi teknik yang menarik ketika diterapkan dalam proses mengajar mendengarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah ada perbedaan yang berarti antara kemampuan memahami mendengar pada siswa kelas sebelas MA Sultan Hadlirin Jepara ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah menagajar melalui pendektean sebagian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan satu kelompok pre-test and post-test. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas sebelas MA Sultan Hadlirin Jepara ajaran 2015/2016. Penulis menggunakan tes insrumen penelitian. Jenis tes yang digunakan adalah pengisi bagian yang kosong terdiri dari 15 nomor. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat signifikansi 5% dan derajat kebebasan (df) N-1 = 26, ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan mendengarkan siswa kelas sebelas MA sultan Hadlirin sesudah menggunakan pendektean sebagian tahun ajaran 2015/2016 dan sebelum menggunakan pendektean sebagian. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t-observasi (t₀) adalah 9.6, sedangkan t-tabel 2.06. Ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima (t₀ = 9.6> tt = 2.06). Kemampuan mendengarkan siswa kelas sebelas MA sultan Hadlirin yang diajar dengan menggunakan pendektean sebagian tahun ajaran 2015/2016 tergolong “baik” (Mean = 78.76 dan SD = 10.48). Sedangkan kemampuan mendengarkan siswa kelas sebelas MA sultan Hadlirin tanpa menggunakan pendektean sebagian Tahun Ajaran 2015/2016 tergolong “rendah” (Mean = 44.34dan SD = 11.04) Setelah diketahui hasil dari penelitian kemapuan pemahaman mendengarkan siswa kelas sebelas MA Sultan Hadlirin Jepara ajaran 2015/2016 adalah tinggi dibandingkan tanpa menggunakan pendektean sebagian. Demikian, penulis menyarankan bahwa guru harus mampu untuk membuat proses belajar mengajar lebih yang lebih menarik , inovatif , dan menyenangkan . Guru dapat menggunakan pendektean sebagian dalam mengajar kemampuan pemahaman mendengarkan karena partial dictation adalah sebuah teknik yang efektif untuk mengajar listening.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Diah Kurniati, S.Pd. M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Mendengarkan, Pendektean Sebagian
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:01
Last Modified: 28 Jul 2016 07:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5793

Actions (login required)

View Item View Item