The Vocabulary Mastery Of The Tenth Grade Students Of Sma N 01 Jekulo Kudus In Academic Year 2015/2016 Taught By Using Color Image In Hypermedia

Hidayati, Ratna (2015) The Vocabulary Mastery Of The Tenth Grade Students Of Sma N 01 Jekulo Kudus In Academic Year 2015/2016 Taught By Using Color Image In Hypermedia. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (540kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (178kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (388kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (412kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (462kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (222kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (157kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (204kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional sangat penting sejak bahasa itu digunakan sebagai jembatan komunikasi diantara manusia diberbagai negarayang berbeda. Di Indonesia, bahasa Inggris dikenalkan dari SD, SMP, dan SMA. Penguasaan bahasa Inggris juga terorientasi pada penguasaan komponen bahasa (kosa kata, tata bahasa, dan kelancaran). Kosa kata bahasa Inggris adalah salah satu unsur pada pengajaran bahasa Inggris di SMA. Kosa kata adalah kemampuan dasar yang harus djangkau oleh murid agar memperoleh kemampuan diketerampilan bahasa, seperti membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Hal ini sulit untuk menguasai kemampuan yang lain tanpa penguasaan dan memahami kosa kata. Penelitian ini memiliki tujuan pembahasan untuk menemukan penguasaan dari kosa kata bahasa Inggris dari murid kelas sepuluh di SMA N 01 Jekulo Kudus tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia. Sedangkan, penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian adalah kelas sepuluh dari SMA N 01 Jekulo Kudus tahun ajaran 2015/2016. Pembahasan penelitian ini melibatkan dua variabel: pertama variabel bebas yaitu Gambar Berwarna dalam Hypermedia, dan variabel terikat yaitu penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Penulis memberikan pre-test sebelum menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia dan memberikan post-test sesudah menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia. Penulis mengambil sampel dengan menggunakan “cluster random sampling”. Sampel penelitian adalah tiga puluh tujuh dari kelas X-1. Pada hasil penelitian, skor minimal adalah 16, skor maksimal adalah 72, skor rata-rata adalah 49.43 dan simpangan baku 17.19, ini menandakan bahwa penguasaan kosa kata sebelum menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia dikategorikan rendah. Skor minimal adalah 52, skor maksimal adalah 96, skor rata-rata adalah 78.86, dan simpangan baku adalah 22.98, ini menandakan bahwa penguasaan kosa kata sesudah menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia dikategorikan baik. Rata-rata dari post-test lebih baik dibandingkan dengan pre-test (49.43 > 78.86). T observation (t0) adalah 10.48, tingkat perbedaan (df) adalah N-1 (37-1) = 36. Sejak t observasi (t0) telah ditemukan, penulis harus melihat ke t-tabel test. Dalam hal ini, t observasi dari 10.48 adalah lebih tinggi dibandingkan nilai pada 0.05 kolom (2.021), ini dapat disimpulkan yaitu ada perbedaan berpengaruh di antara penguasaan kosa kata dari murid kelas sepuluh dari SMA N 01 Jekulo Kudus tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia. Dengan begitu, penulis menyimpulkan bahwa sesudah menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia, nilai dari murid lebih bagus daripada sebelum menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia. Dan itu menunjukkan bahwa dengan menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia, pembelajaran jadi lebih efektif. Pada penelitian ini, penulis menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk menggunakan Gambar Berwarna dalam Hypermedia guna meningkatkan penguasaan kosa kata murid. Murid yang harus lebih percaya diri dan tidak takut akan berbuat salah itu adalah eksplorasi ide mereka didepan kelas. Pembaca akan mempunyai informasi lebih lanjut tentang penggunaan Gambar Berwarna dalam Hypermedia. Untuk peneliti selanjutnya, Gambar Berwarna dalam Hypermedia juga dapat dijadikan suatu referensi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Sri Endang Kusmaryati M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosa Kata, Gambar Berwarna dalam Hypernedia
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 29 Jul 2016 08:10
Last Modified: 29 Jul 2016 08:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5834

Actions (login required)

View Item View Item