Discovery Learning Technique To Teach Writing Skill Of The Tenth Graders In Smk Raden Umar Said Kudus In Academic Year 2014/2015

Hariyani, Fera (2015) Discovery Learning Technique To Teach Writing Skill Of The Tenth Graders In Smk Raden Umar Said Kudus In Academic Year 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (574kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
CHAPTER_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
CHAPTER_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
CHAPTER_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
CHAPTER_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
CHAPTER_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
CHAPTER_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (182kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Menulis adalah kemampuan yang sulit untuk dipelajari karena menulis mempunyai beberapa aturan yang harus dicatat sebagai contoh susunan kalimat, pengorganisasian, pemilihan kata, kontek, tujuan, dll. Siswa diharuskan dapat menguasai kemampuan menulis tetapi mereka masih kesulitan untuk menyusun kalimat dan bingung untuk menggunakan keterangan waktu (tenses) dalam sebuah situasi. Discovery Learning Technique yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam struktur kalimat (grammar), jika struktur kalimat yang dibuat oleh siswa sudah baik maka siswa akan dapat menulis dengan baik pula. Maka dari itu peneliti mencoba untuk menggunakan Discovery Learning Technique untuk mengajarkan kemampuan menulis. Tujuan dari penelitian ini yaitu menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa kelas sepuluh di SMK Raden Umar Said Kudus pada tahun pelajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan Discovery Learning Technique. Penelitian ini menggunakan Quantitative-Experimental desain. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMK Raden Umar Said Kudus dengan menggunakan Subjek penenelitian yaitu siswa kelas sepuluh PD2 yaitu sekitar 33 siswa. Penelitian ini menggunakan desain satu group pretest dan posttest sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data. Penulis sebagai pengajar memberikan pretest sebelum menggunakan Discovery Learning Technique, itu dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis. Setelah memberikan treatmen menggunakan Discovery Learning Technique, guru memberikan posttest untuk mengetahui perbedaaan pada kemampuan menulis siswa sebelum dan sesudah menggunakan Discovery Learning Technique. Dengan menghitung mean dan standard deviation dari pretest dan posttest, dan juga mengetesan hipothesis dengan menggunakan perhitungan rumus t-test. Nilai rata-rata (Mean) pretest yaitu 69.62 dikategorikan “Baik”. Nilai rata-rata (Mean) dari posttest yaitu 75.25 dikategorikan “Baik”. t-observation yaitu 4.2 di level yang signifikan (α) = 0.05 dan degree of freedom (df) yang di dapat dari N-1 = 32-1=31, t-table yaitu 2.04 jadi, t-observation 4.2>2.04. Selanjutnya, Ho ditolak dan Ha diterima. Peneliti menyimpulkan “adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa kelas sepuluh di SMK Raden Umar Said Kudus pada tahun pelajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan Discovery Learning Technique.” di terima. Pada akhirnya, peneliti menyarankan pada guru yang lain untuk menggunakan Discovery Learning Technique dalam prosess pembelajaran. Keefektifan dari teknik ini tergantung pada ke kekreatifan guru dan keseriusan murid selama proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Drs. Muh. Syafei, M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Discovery Learning Technique dan Siswa Kelas Sepuluh
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 30 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jul 2016 07:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View Item View Item