Discovery Learning Technique To Teach Writing Skill Of The Tenth Graders In Smk Raden Umar Said Kudus In Academic Year 2014/2015

Hariyani, Fera (2015) Discovery Learning Technique To Teach Writing Skill Of The Tenth Graders In Smk Raden Umar Said Kudus In Academic Year 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (561Kb)
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (165Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (220Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (475Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (536Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (257Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (154Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (178Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Menulis adalah kemampuan yang sulit untuk dipelajari karena menulis mempunyai beberapa aturan yang harus dicatat sebagai contoh susunan kalimat, pengorganisasian, pemilihan kata, kontek, tujuan, dll. Siswa diharuskan dapat menguasai kemampuan menulis tetapi mereka masih kesulitan untuk menyusun kalimat dan bingung untuk menggunakan keterangan waktu (tenses) dalam sebuah situasi. Discovery Learning Technique yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam struktur kalimat (grammar), jika struktur kalimat yang dibuat oleh siswa sudah baik maka siswa akan dapat menulis dengan baik pula. Maka dari itu peneliti mencoba untuk menggunakan Discovery Learning Technique untuk mengajarkan kemampuan menulis. Tujuan dari penelitian ini yaitu menemukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa kelas sepuluh di SMK Raden Umar Said Kudus pada tahun pelajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan Discovery Learning Technique. Penelitian ini menggunakan Quantitative-Experimental desain. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMK Raden Umar Said Kudus dengan menggunakan Subjek penenelitian yaitu siswa kelas sepuluh PD2 yaitu sekitar 33 siswa. Penelitian ini menggunakan desain satu group pretest dan posttest sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data. Penulis sebagai pengajar memberikan pretest sebelum menggunakan Discovery Learning Technique, itu dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis. Setelah memberikan treatmen menggunakan Discovery Learning Technique, guru memberikan posttest untuk mengetahui perbedaaan pada kemampuan menulis siswa sebelum dan sesudah menggunakan Discovery Learning Technique. Dengan menghitung mean dan standard deviation dari pretest dan posttest, dan juga mengetesan hipothesis dengan menggunakan perhitungan rumus t-test. Nilai rata-rata (Mean) pretest yaitu 69.62 dikategorikan “Baik”. Nilai rata-rata (Mean) dari posttest yaitu 75.25 dikategorikan “Baik”. t-observation yaitu 4.2 di level yang signifikan (α) = 0.05 dan degree of freedom (df) yang di dapat dari N-1 = 32-1=31, t-table yaitu 2.04 jadi, t-observation 4.2>2.04. Selanjutnya, Ho ditolak dan Ha diterima. Peneliti menyimpulkan “adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa kelas sepuluh di SMK Raden Umar Said Kudus pada tahun pelajaran 2014/2015 sebelum dan sesudah menggunakan Discovery Learning Technique.” di terima. Pada akhirnya, peneliti menyarankan pada guru yang lain untuk menggunakan Discovery Learning Technique dalam prosess pembelajaran. Keefektifan dari teknik ini tergantung pada ke kekreatifan guru dan keseriusan murid selama proses pembelajaran.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing; Drs. Muh. Syafei, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis, Discovery Learning Technique dan Siswa Kelas Sepuluh
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 30 Jul 2016 14:02
                    Last Modified: 30 Jul 2016 14:02
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5843

                    Actions (login required)

                    View Item