Mengatasi Rendahnya Kecerdasan Emosi Melalui Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Jekulo Kudus

Thofa Ari Shandi, M. (2016) Mengatasi Rendahnya Kecerdasan Emosi Melalui Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Jekulo Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (656kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (525kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (491kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (344kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (281kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (323kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan 1.Mendiskripsikan Rendahnya Kecerdasan Emosi Siswa, Melalui Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Jekulo Kudus 2.Untuk Membantu Mengatasi Rendahnya Kecerdasan Emosi Melalui Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management. Orang Yang Mempunyai Kecerdasan Emosi Baik Adalah Seseorang Yang Mempunyai Kemampuan Untuk Mengatur Kehidupan Emosinya Dengan Intelegensi, Menjaga Keselarasan Emosi Melalui Keterampilan Kesadaran Diri, Pengendalian Diri, Motivasi Diri, Empati Dan Keterampilan Sosial. Konseling Behavioral Adalah Setiap Tingkah Laku Dapat Dibentuk Dari Hasil Pengalamannya, Tingkah Laku Lama Dapat Diganti Dengan Tingkah Laku Baru, Dan Manusia Memiliki Potensi Untuk Berperilaku Baik Atau Buruk, Berupa Interaksi Antara Individu Dengan Lingkungan Sekitarnya. Teknik Behavioral Self Management Adalah Suatu Teknik Dalam Proses Perubahan Perilaku, Yang Mana Klien Dituntut Untuk Aktif Selama Proses Terapi, Sehingga Klien Mampu Mengontrol, Mengendalikan Dan Merubah Arah Perilaku Tersebut Menjadi Perilaku Yang Diharapkan. Oleh Karena Itu Peneliti Mendiskripsikan Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Rendahnya Kecerdasan Emosi Di Sman 1 Jekulo, Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian Studi Kasus Ini Akan Dilaksanakan Di Sman 1 Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 Dengan Subjek Penelitian 3 Siswa Yaitu Ma, Az, Dan Ae Yang Masih Mengalami Rendahnya Kecerdasan Emosi. Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Wawancara, Observasi Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Merupakan Analisis Data Deskriptif Kualitatif. Hasil Analisis Data Menunjukkan Bahwa Rendahnya Kecerdasan Emosi Pada Klien 1 Yaitu: Menjadi Pendengar Yang Buruk Saat Proses Pembelajaran, Faktor Dari Orang Tua Yang Menyebabkan Klien Mengalami Rendahnya Kecerdasan Emosi, Tidak Mau Menerima Pendapat Orang Lain. Klien 2 Yaitu: Sering Berkata Kasar, Sikap Toleransi Yang Dimiliki Klien Sangat Kurang, Tidak Mau Bekerja Sama Dengan Orang Lain. Klien 3 Yaitu: Klien Kurang Memiliki Sikap Berbagi, Sikap Selalu Menganggap Dirinya Lebih Baik Dari Yang Lain, Tidak Mau Membantu Teman Yang Lain. Hasil Konseling Dengan Metode Konseling Behavioral Memberikan Hasil Sebagai Berikut: Klien 1: Dapat Diterimanya Kembali Klien Dalam Bersosialisasi Dengan Teman-Temannya Di Sekolah Yang Dulunya Klien Adalah Seorang Pribadi Yang Dianggap Oleh Teman-Teman Sebagai Pribadi Yang Tidak Menyenangkan. Klien 2: Perubahan Sikap Klien Yang Dulunya Kurang Bisa Mengendalikan Kecerdasan Emosi Yang Baik Menjadi Pribadi Yang Dapat Berempati Dengan Orang Lain. Klien 3: Terlihat Dengan Keoptimisan Klien Saat Menghadapi Masalah Di Kelas, Berkata Sopan, Dan Selalu Mengerjakan Tugas/Pr. Meskipun Perubahan Belum Sepenuhnya Terlaksana Karena Konseli Yang Pasif, Peneliti Berupaya Penuh Agar Dapat Bekerjasama Dengan Pihak Sekolah Maupun Keluarga. Peneliti Memberikan Saran Pada Kepala Sekolah Agar Menciptakan Suasana Sekolah Yang Dapat Menimbulkan Rasa Nyaman Bagi Para Siswa Sehingga Dapat Mengembangkan Proses Belajar Dengan Baik, Untuk Konselor Sekolah Agar Selalu Memperhatikan Perkembangan Siswa Dapat Mengembangkan Diri Dalam Belajar Maupun Bersosialisasi Antar Teman Di Sekolah. Untuk Wali Kelas Supaya Membantu Siswa Dalam Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi Dengan Teman Lain Di Sekolah Dan Dapat Menjadi Pribadi Yang Baik Dan Memperhatikan Siswa Dalam Berinteraksi Dengan Sesama Teman Di Sekolah, Dan Untuk Peneliti Agar Dapat Mengembangkan Lebih Lanjut Terkait Dengan Rendahnya Kecerdasan Emosi.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioral Teknik Self Management, Rendahnya Kecerdasan Emosi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 08 Aug 2016 05:53
Last Modified: 08 Aug 2016 05:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5950

Actions (login required)

View Item View Item