Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Benda Konkret, Hasil Belajar

Rochmawati, Inda (2016) Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Benda Konkret, Hasil Belajar. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan diterapkannya metode demonstrasi berbantuan permainan congklak materi perkalian pada siswa kelas II SD N 05 Gondosari Gebog Kudus. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan suatu proses untuk menyelesaikan soal berupa tantangan yang dapat dilakukan secara rutin dan sistematis. Metode demonstrasi berbantuan permainan congklak adalah cara yang digunakan oleh guru untuk menunjukkan suatu proses cara menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan permainan congklak yaitu dengan cara siswa memasukkan biji congklak ke dalam lubang congklak sesuai dengan angka perkalian yang tertera dalam soal. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi berbantuan permainan congklak dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika materi perkalian berbantuan permainan congklak di kelas II SD N 05 Gondosari Gebog Kudus. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas II SD N 05 Gondosari Gebog Kudus dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah metode demonstrasi berbantuan permainan congklak. Sedangkan variabel terikat adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen penelitian ini adalah lembar pedoman wawancara, lembar pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pengelolaan pembelajaran metode demonstrasi mengalami peningkatan pada siklus I 72,5% (baik) menjadi 86% (sangat baik) pada siklus II didukung dengan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa pada siklus I 71,76% (baik) menjadi 86,48% (sangat baik) pada siklus II. Terdapat peningkatan ketuntasan belajar kemampuan pemecahan masalah matematika materi perkalian yang cukup siginifikan antara siklus I (70%), dan siklus II (85%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas II SD N 05 Gondosari dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematika materi perkalian berbantuan permainan congklak di kelas II SD N 05 Gondosari Gebog Kudus. Untuk itu disarankan, penerapan metode demonstrasi harus dilaksanakan dengan memperhatikan langkah-langkah pelaksanannya dengan baik dan juga sering melatih untuk kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Demonstrasi, Permainan Congklak, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:40
Last Modified: 11 Aug 2016 08:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5998

Actions (login required)

View Item View Item