Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Pada Siswa Kelas Iv Sdn 6 Cendono

-, Ma’unah (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Pada Siswa Kelas Iv Sdn 6 Cendono. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1154Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (245Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (336Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Published Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (177Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2231Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (198Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (164Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (218Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (12Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian Ini Bertujuan (1) Mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan Guru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Berbantuan Kartu Masalah, (2) Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 6 Cendono Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Berbantuan Kartu Masalah. Hasil Belajar Adalah Kemampuan Siswa Sebagai Hasil Dari Suatu Interaksi Dari Kegiatan Belajar Dan Ditindak Lanjuti Dan Dapat Diketahui Melalui Evaluasi, Baik Kognitif, Afektif, Maupun Psikomotor. Model Pembelajaran Problem Based Learning Merupakan Sebuah Model Pembelajaran Dengan Menggunakan Pemecahan Masalah Yang Berhubungan Dalam Dunia Nyata Dan Membutuhkan Penyelesaian Serta Kerjasama Siswa Untuk Memecahkan Masalah. Kartu Masalah Adalah Media Yang Digunakan Sebagai Penunjang Tercapainya Proses Pembelajaran, Yaitu Salah Satunya Adalah Untuk Pemecahan Suatu Masalah Yang Harus Dipecahkan Dalam Suatu Kelompok Belajar. Hipotesis Tindakan Dalam Penelitian Adalah Terdapat Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 6 Cendono Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah, Serta Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 6 Cendono Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah. Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan Di Kelas IV SDN 6 Cendono Dengan Subjek Penelitian Yaitu Guru Kelas IV Dan Siswa Kelas IV Yang Berjumlah 36 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama Dua Siklus Dengan Setiap Siklus Terdiri Dari Empat Tahap, Yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Dan Refleksi. Variabel Bebas Dalam Penelitian Ini Yaitu Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Variabel Terikat Yaitu Hasil Belajar. Teknik Pengumpulan Data Yaitu Menggunakan Teknik Wawancara, Observasi, Tes, Dan Dokumentasi. Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Data Kuantitatif Dan Data Kualitatif. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Ketuntasan Nilai Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (67%), Dan Siklus II (78%), Didukung Dengan Peningkatan Afektif Siswa Pada Siklus I 61,2% (Baik) Menjadi 75,3% (Baik) Siklus II Dan Psikomotorik Siswa Siklus I 65,25% (Baik) Menjadi 79,35% (Sangat Baik) Siklus II. Pengelolaan Pembelajaran Model Pembelajaran Problem Based Learning Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 69,5% (Baik) Menjadi 85,4% (Sangat Baik) Siklus II. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SDN 6 Cendono. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SDN 6 Cendono Dapat Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Kelas IV SDN 6 Cendono. Selain Itu, Disarankan Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Guru Hendaknya Memvariasikan Media Yang Digunakan Sehingga Lebih Memotivasi Siswa Agar Telibat Aktif, Dan Kreatif Dalam Proses Pembelajaran.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Kartu Masalah.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 12 Aug 2016 10:39
                    Last Modified: 12 Aug 2016 10:39
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/5999

                    Actions (login required)

                    View Item