Peningkatan Perencanaan Karir Melalui Layanan Informasi Dengan Media Grafis Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 Man 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2105

-, Ummiati (2015) Peningkatan Perencanaan Karir Melalui Layanan Informasi Dengan Media Grafis Pada Siswa Kelas Xi Ipa 1 Man 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2105. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (3156Kb)
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (71Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (255Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (317Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (794Kb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (94Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (23Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (24Kb)

                  Abstrak

                  Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Perencanaan siswa melalui layanan informasi dengan media grafis pada siswa Kelas XI IPA1 MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengungkap tentang cara memberikan bantuan untuk meningkatkan kemampuan perencanan karir melalui layanan informasi dengan media grafis pada siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Perancanaan karir adalah kecakapan atau kesanggupan siswa dalam menentukan langkah yang akan dilakukan dalam karir untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan kemampuan dan persyaratan yang meliputi pengetahuan dan pemahaman akan diri sendiri, pengetahuan dan pemahaman akan pekerjaan, serta penggunaan penalaran yang benar antara diri sendiri dan dunia kerja. layanan informasi merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memberikan pemahaman kepada siswa yang berkepentingan tentang berbagai informasi pendidikan dan informasi jabatan pekerjaan dan lain-lain sebagai bekal siswa dalam menentukan arah suatu tujuan secara tepat. Hipotesis tindakan: Layanan informasi dengan Media Grafis dapat Meningkatkan perencanaan karir pada Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa laki-laki 11 dan siswi perempuan 28 yang belum mampu merencanakan karirnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik secara deskriptif. Pra siklus diperoleh skor rata-rata perencanaan karir siswa sebesar 17,6, persentase 35% kategori (Kurang), siklus I siswa memperoleh skor rata-rata 31,0 rata-rata persentase 62% dengan klasifikasi (Cukup). Pada pelaksanaan siklus II siswa memperoleh skor rata-rata 43 rata-rata presentase 86% klasifikasi (Sangat baik). Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa kondisi perencancanaan karir siswa pada pra siklus diperoleh skor rata-rata perencanaan karir siswa 17,6 rata-rata prosentase 35% klasifikasi (Kurang). Pada pelaksanaan layanan informasi siklus I siswa memperoleh skor rata-rata 31,0 rata-rata persentase 62% dengan klasifikasi (Cukup), peningkatan yang dialami oleh siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 27%. Pada pelaksanaan siklus II siswa memperoleh skor rata-rata 43 rata-rata presentase 86% klasifikasi (Sangat baik), peningkatan yang diperoleh oleh siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 24%. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis dalam penelitian ini terbukti sudah mencapai indikator keberhasilan, saran yang disampaikan peneliti sebagai berikut: 1. Kepala sekolah: Diharapkan untuk kepala sekolah hendaknya membuat dasar kebijakan untuk membuat instruksi kepada konselor sekolah dalam melaksanakan layanan dalam bimbingan konseling. 2. Konselor: Diharapkan konselor dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan penguaan konten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam meningkatkan perencanaan karir siswa. 3. Siswa: Diharapkan siswa memiliki sikap percaya diri yang baik dan bijaksana dalam memutuskan arah karir dimasa depannya. 4. Penelitian selanjutnya: Untuk pengembangan penelitian selanjutnya maka bagi peneliti nantinya dalam upaya meningkatkan perencanaan karir hendaknya lebih memahami kondisi keadaan siswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dihadapi.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing; Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
                  Uncontrolled Keywords: Perencanaan Karir, Layanan Informasi dan Media grafis
                  Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                  Depositing User: pustakawan umk
                  Tanggal Deposit: 12 Aug 2016 15:18
                  Last Modified: 12 Aug 2016 15:18
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6004

                  Actions (login required)

                  View Item