Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Siswa Kelas Iv Sdn Dadirejo 01 Pati

Nurjanah, Ike (2016) Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Sistem Pemerintahan Pusat Siswa Kelas Iv Sdn Dadirejo 01 Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (406kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] PDF (BAB 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (147kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Make A Match terhadap hasil keterampilan, aktivitas dan hasil belajar siswa baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik pada mata pelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Pusat. Hasil belajar merupakan keberhasilan yang sudah dicapai oleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Model pembelajaran Make A Match adalah model pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa melalui permainan yang menggunakan kartu dimana ada dua kartu yaitu kartu jawaban dimana siswa harus mencari pasangan kartu yang mereka bawa. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan Make A Match dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru,dan meningkatkan hasil belajar siswa SDN Dadirejo 01 Pati pada meteri Sistem pemerintahan pusat. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Dadirejo 01 Pati dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SDN Dadirejo 01 Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya menggunakan korelasi product moment, dan reliabilitasnya dengan menggunakan rumus KR-20. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Make A Match dapat meningkatkan keterampilan guru,dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) keterampilan guru dilihat dari siklus I mendapat 67,66% meningkat menjadi 81,62% di siklus II dengan kategori baik (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh 66,82% meningkat menjadi 77,06% dengan kualifasi baik (3) peningkatan hasil belajar aspek kognitif dari pra siklus menjadi 70 % dan meningkat lagi menjadi 90%. Aspek afektif memperoleh persentase 73,12%, sedangkan siklus II mendapatkan 83%. Pada aspek psikomotorik siklus I mendapat 71,51% dan siklus II mendapatkan 81,07%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make A Match berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SDN Dadirejo 01 Pati. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, disarankan kepada (1) Siswa hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru. (2) Guru hendaknya menggunakan penerapan model Make A Match berbantuan media puzzle karena dapat mempermudah dalam menyampaikan materi dan membuat siswa lebih aktif. (3) Sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk memperlancar proses pembelajaran. (4) Peneliti dalam mempersiapkan untuk pelaksanaan penelitian, harus lebih maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Dr. Sucipto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Model Make A Match, Hasil Belajar PKn, Sistem Pemerintahan Pusat
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:53
Last Modified: 15 Aug 2016 03:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6007

Actions (login required)

View Item View Item