Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Role Playing Kelas V Di Sdn I Gondangmanis Bae Kudus

WIBISONO, ARI (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Role Playing Kelas V Di Sdn I Gondangmanis Bae Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (731kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (789kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (398kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (215kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan guru dan keterampilan berbicara siswa dalam materi drama dengan diterapkannya model role playing pada siswa kelas V SDN 1 Gondangmanis Bae Kudus. Model role playing atau bermain peran adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Keterampilan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi atau artikulasi atau kata-kata yang mengekspresikan, menyatakan atau menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan guru dan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Gondangmanis Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan meliputi seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan guru, aktivitas siswa, tes performance dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai keterampilan berbicara mulai dari siklus I yakni sebesar (70%) dan pada siklus II meningkat menjadi (85%). Didukung juga dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran guru menggunakan model role playing yakni pada siklus I sebesar 78,5% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 85% (sangat baik). Ini membuktikan dengan penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara pada materi drama siswa kelas V SDN 1 Gondangmanis Bae Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Gondangmanis Bae Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada materi drama kelas VSDN 1 Gondangmanis Bae Kudus. Maka disarankan dalam penerapkan model role playing, guru hendaknya mengarahkan siswa agar dapat bermain peran sesuai dengan peran yang didapat.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Kanzunnudin M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Role Playing, Drama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 16 Aug 2016 02:01
Last Modified: 16 Aug 2016 02:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6013

Actions (login required)

View Item View Item