Wulandari, Esti (2016) PENERAPAN MODEL SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SDN KEDUNGMULYO JAKENAN PATI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (955kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (929kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (561kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (237kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology and Society (SETS), menemukan peningkatan sikap ilmiah dan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Kedungmulyo Jakenan Pati. Model Science, Environment, Technology, and Society merupakan model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Dalam pembelajarannya berorientasi pada keaktifan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang timbul dari lingkungan masyarakat. Dengan demikian, siswa dalam belajar tidak hanya sekedar mengingat, menghafal dan mencontoh namun siswa mendapatkan materi dan konsep yang relevan melalui identifikasi yang mereka lakukan dengan menghubungkan materi dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat baik secara individu maupun kerja kelompok. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Kedungmulyo Kecamatan Jakenan Pati dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Science, Environment, Technology and Society (SETS). Sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep dan sikap ilmiah. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menerapkan model Science, Environment, Technology, and Society pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, sikap ilmiah siswa, dan pemahaman konsep IPA. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator keberhasilan (1) keterampilan guru mengelola pembelajaran pada siklus I mencapai presentase 81% dengan kualifikasi baik dan siklus II mencapai presentase 88% dengan kualifikasi sangat baik, (2) sikap ilmiah siswa pada siklus I presentase skor rata-rata mencapai 69% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II mencapai 84% dengan kualifikasi sangat baik, (3) pemahaman konsep IPA siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 66,67% dengan nilai rata-rata 71,67 dan siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 85,3% dengan nilai rata-rata 80,33. Simpulan penelitian penerapan model Science, Environment, Technology, and Society dapat meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Kedungmulyo Jakenan Pati. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa hendaknya berlatih untuk berani bertanya terkait materi yang belum dipahami, dan guru hendaknya menerapkan model pembelajaran yang inovatif agar pelaksanaan pembelajaran lebih menerik perhatian siswa sehingga hasil yang didapat siswa pada mata pelajaran IPA dapat maksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing; Fina Fakhriyah, M.Pd |
Kata Kunci: | Science, Environment, Technology and Society (SETS), Sikap Ilmiah, Pemahaman Konsep IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 27 Aug 2016 04:27 |
Last Modified: | 27 Aug 2016 04:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6061 |
Actions (login required)
View Item |