Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Blok Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdn 06 Mulyoharjo

Mundriyani, Ella (2016) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Blok Pecahan Pada Siswa Kelas Iv Sdn 06 Mulyoharjo. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (598kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (246kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan pecahan, aktivitas pemecahan masalah siswa, dan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran melalui model Problem Based Learning berbantuan media blok pecahan. Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kesanggupan atau kecakapan seseorang untuk menentukan prosedur yang tepat sebagai cara untuk keluar dari suatu kesulitan atau masalah matematika. Kemampuan ini sangat dipengaruhi oleh bagaimana seseorang berpikir atau bernalar dalam menerapkan pengetahuan dan konsep matematika yang telah dipahami sebelumnya. Model Problem Based Learning merupakan pembelajaran dengan menerapkan pada permasalahan-permasalahan praktis sebagai pijakan dalam belajar. Media blok pecahan merupakan salah satu media pembelajaran dalam matematika yang bentuk dasarnya lingkaran, persegi atau persegi panjang yang dapat dibagi sesuai dengan keinginan. Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan 25 siswa kelas IV SDN 06 Mulyoharjo. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes uji validitas menggunakan korelasi product moment, dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dari prasiklus hingga siklus II dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 20% meningkat pada siklus I menjadi 72% dan meningkat menjadi 88% pada siklus II, (2) Aktivitas pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,51 dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 3,00 pada siklus II dengan kriteria baik, (3) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,08 dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 3,31 pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media blok pecahandapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, aktivitas pemecahan masalah siswa, dan keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran pada materi bilangan pecahan. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media blok pecahan, guru harus mengoptimalkan proses pembelajaran pemecahan masalah dengan menyajikan permasalahan yang menarik bagi siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan daya berpikirnya

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing; Drs. Moh.Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Based Learning, Media Blok Pecahan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 27 Aug 2016 08:38
Last Modified: 27 Aug 2016 08:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6062

Actions (login required)

View Item View Item