Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV Sdn 1 Bae

-, Muawwanah (2016) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV Sdn 1 Bae. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (704kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (383kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (497kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (91kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (158kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (16MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi, (2) Menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bae dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Model pembelajaran Group Investigation merupakan model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa melalui kegiatan mencari, mengolah, menganalisis, dan menyajikan suatu informasi. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah terdapat peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN 1 Bae mengggunakan model pembelajaran Group Investigation, serta terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bae materi kegiatan ekonomi menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Bae dengan subjek penelitian guru kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas yaitu model pembelajaran Group Investigation dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai hasil belajar IPS siswa pada materi kegiatan ekonomi yang cukup signifikan antara siklus I (66,6%), dan siklus II (87%), didukung dengan peningkatan afektif siswa pada siklus I 63% (baik) menjadi 78% (baik) siklus II dan psikomotorik siswa siklus I 69% (baik) menjadi 81% (sangat baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model pembelajaran Group Investigation juga mengalami peningkatan pada siklus I 66,6% (baik) menjadi 87% (sangat baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi kegiatan ekonomi kelas IV SDN 1 Bae. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 1 Bae dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi kegiatan ekonomi kelas IV SDN 1 Bae. Selain itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Group Investigation guru hendaknya memvariasikan media yang digunakan sehingga lebih memotivasi siswa agar telibat aktif, kreatif, dan senang dalam proses pembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing; Dr. H. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Group Investigation, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 30 Aug 2016 02:01
Last Modified: 30 Aug 2016 02:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6067

Actions (login required)

View Item View Item