RAHMAWATI, NOOR FADHILA (2016) PENERAPAN MODEL OPEN ENDED LEARNING UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD N SARI 2 DEMAK. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (HAl. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version Download (725kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (323kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Rahmawati, Noor Fadhila. 2016. Penerapan Model Open Ended Learning Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD N Sari 2 Demak. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing (i) Dr. Murtono, M.Pd, (ii) Khamdun, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan guru, Aktivitas Belajar Siswa, Pemahaman Konsep IPA, ModelOpen Ended Learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model Open Ended Learning dalam meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran materi struktur bumi pada siswa kelas V SD N Sari 2 Demak. (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas V SD N Sari 2 Demak dengan penerapan model Open Ended Learning. (3) Untuk mendiskripsikan penerapan model Open Ended Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA materi struktur bumi pada siswa kelas V SD N Sari 2 Demak. Model Open Ended Learning adalah model pembelajaran yang menekankan pada proses pemahaman siswa atas suatu masalah atau materi yang disajikan, siswa dituntut untuk berperan aktif dalam meningkatkan pemahamannya sendiri secara kelompok dan individu melalui proses pembelajaran langsung disertai dengan tindakan eksplorasi, manipulasi, dan proses eksperimen atau uji coba pada suatu objek secara konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N Sari 2 Demak yang berjumlah 19 siswa terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Variable bebasnya menggunakan model Open Ended Learning. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan berupa lembar pengamatan keterampilan guru mengajar, lembar pengamatan hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik ssiwa, tes pilhan ganda, dan lembor pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari 75,62% pada siklus I menjadi 88,125% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dari skor rata-rata 64,70 pada siklus I meningkat menjadi skor rata-rata 84,48pada siklus II, sedangkan peningkatan pemahaman konsep meningkat dari 68% pada siklus I, meningkat 89% pada siklus II. Simpulan peneliti bahwa penerapan model open ended learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Sari 2 Demak. Saran dalam penelitian ini adalah siswa hendaknya memperhatikan dengan sungguh-sungguh dalam pembelajaran, lebih berperan aktif dan meningkatkan motivasi belajarnya. Bagi guru sebaiknya pada saat pembelajaran berlangsung, guru tidak hanya melakukannya dengan metode ceramah, melaikan dengan melakukan sebuah inovasi untuk mengoptimalkan aktivitas belajar siswa. Bagi sekolah hendaknya dapat mendukung guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan fasilitas belajar siswa dengan baik. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya sebelum melakukan penelitian, peneliti perlu menyesuaikan antara model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang diajarkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing : Dr. Murtono, M.Pd., |
Kata Kunci: | Keterampilan guru, Aktivitas Belajar Siswa, Pemahaman Konsep IPA, ModelOpen Ended Learning. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 02:14 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 02:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/6140 |
Actions (login required)
View Item |